Berita

Pelajar Demo Kantor PLN, Siswa Magang Diajak Simulasi Pengamanan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sejumlah pelajar mendatangi kantor PT PLN (Persero) di Jalan MH Sitorus Pematangsiantar, Kamis (12/09/2019) sekira jam 14.30 WIB. Mereka datang dengan mengusung sejumlah poster untuk memrotes pelayanan PLN yang buruk, seperti listrik sering padam dan pemutusan instalasi secara sepihak.  Massa mendesak bertemu pimpinan PLN.

Aksi massa dihadang beberapa petugas pengamanan PLN. Sehingga aksi saling dorong tidak terhindarkan di depan pintu gerbang. Tidak lama kemudian, pihak PLN mengirimkan satu peleton pasukan pengamanan khusus internal untuk menghalau massa.

Aksi terhenti setelah pihak PLN bersedia melakukan negosiasi. Pihak PLN meminta perwakilan massa menemui manajemen PLN. Perwakilan massa, Surya (22) selaku koodinator aksi langsung bertemu Manajer PLN. Kepada pihak manajemen PLN, Surya mengatakan mereka keberatan dan merasa dirugikan karena sering adanya pemadaman listrik yang menyebabkan usaha warga terganggu.

Aksi tersebut ternyata hanya adegan dalam simulasi yang dilaksanakan PLN. Simulasi tersebut untuk melatih petugas keamanan PLN bagaimana menghadapi massa serta melakukan negosiasi.

Taufik, selaku Pejabat Pelaksana Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Lingkungan (K3L) PLN Siantar mengatakan, setiap tahun pihaknya melaksanakan simulasi dalam rangka mengembangkan kompetensi satuan pengamanan.

“Jadi kita datangkan tim dari Brimob untuk melatih satuan pengamanan PLN. Dengan simulasi tersebut, diharapkan petugas pengamanan dapat memahami cara menghadapi masyarakat jika datang berunjuk rasa,” ujar Taufik.

Menurut Taufik, untuk menghadapi massa dibutuhkan kesabaran dan kemampuan untuk melakukan negosiasi guna menghindari aksi anarkis atau bentrok. Selain pejabat di PLN, katanya, petugas pengamanan akan langsung berhadapan dengan massa. Sehingga harus memiliki kompetensi atau kemampuan berdialog dan negosiasi.

“Jadi peserta yang simulasi itu adalah pelajar yang sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan atau PKL di kantor PLN,” tukasnya. (mag-03/pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close