Berita

Kabut Asap di Palas Mulai Ganggu Kesehatan Warga

PALAS, FaseBerita.ID – Beberapa hari terakhir, kondisi udara di Kabupaten Palas saat ini sudah diselimuti asap. Kondisi yang terus berulang kali ini, sudah mulai mengganggu aktifitas warga.

Tidak diketahui pasti, penyebab kabut asap ini. Namun banyak spekulasi, asap diduga berasal dari daerah lain akibat kebakaran lahan.

Meski masih relatif tipis, dan jarak pandang masih terlihat, namun belakangan cukup berpengaruh pada kesehatan. Gangguan radang tenggorokan ataupun pernapasan warga pun mulai terasa.

“Ma mulai taraso bah, inda tahan, akkon na marmasker ma pala kaluar markareta (udah mulai terasa, nggak tahan, harus pake masker lah kalau keluar naik kreta),” kata Agus Dalimunthe saat berbincang-bincang melihat kondisi asap itu.

Hal sama juga dialami Yanti, salah seorang ibu rumah tangga ini mengeluhkan gatal pada tenggorokan. Memang, diakui belum diketahui penyebab yang mempengaruhi pernapasannya itu.

“Baru-baru ini, agak gatal, nggak tahu apa penyebabnya ini,” ungkapnya.

Menyikapi itu, Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Palas merencanakan akan membagi-bagikan masker dalam waktu dekat. Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap ISPA yang menyerang warga.

“Oo ya dek… sudah direncanakan pembagian masker tadi sudah saya perintahkan Kabid P2 (Bidang Pencegahan Penyakit, red) untuk menindaklanjuti hal ini,” ujar Kadis Kesehatan Leli Ramayulis lewat pesan singkatnya.

Selain itu, Dinkes juga mengimbau agar aktifitas diluar rumah diantisipasi. Bahkan bila perlu dikurangi.

“Tindak lanjut akan kita buat surat himbauan ke seleluruh pelayanan kesehatan agar kiranya tidak perlu sekali keluar rumah klu tidak penting, apalagi untuk bayi balita,” tandas Leli. (tan/san)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close