Berita

Pilkades Serentak di Palas: Balon Kades Diuji Pengetahuan Agama hingga Dana Desa

PALAS, FaseBerita.ID – Tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Palas saat ini berlangsung penyampaian visi dan misi para balon kades. Kegiatan yang berlangsung sejak 9-18 September ini dipusatkan di rayon masing-masing Kecamatan.

Seperti eks Kecamatan Barumun meliputi Kecamatan Barumun, Barumun Selatan, Lubuk Barumun, Ulu Barumun dan Sosopan digelar di kantor kecamatan Barumun Selatan, Senin (9/9/2019) lalu.

Berlanjut ke Eks Barteng, Selasa (10/9/2019) yang dipusatkan di aula kantor Kecamatan Barumun Tengah. Yakni meliputi Kecamatan Barumun Tengah, Sihapas Barumun, Aek Nabara Barumun dan Huristak. Selanjutnya eks Sosa meliputi kecamatan Sosa, Batang Lubu Sutam dan Hutaraja Tinggi.

Diperkirakan ada 312 total balon kades dari 100 desa yang mengikuti pilkades serentak tahun ini. Jumlah ini belum belum bisa dipastikan, sebelum penetapan bakal calon Oktober mendatang.

“Lewat seleksi inilah nanti dijaring. Mulai tahapan penyampaian visi misi sekaligus tes pengetahuan dan ujian tulis hari Jumat,” jelas Kadis PMD Palas melalui Kabid Pemdes Imron Siregar disela giat penyampaian visi misi balon kades.

Dalam penyampaian visi misi ini kata Imron para balon akan diuji pengetahuan umum dan regulasi pemerintahan desa serta dana desa. Bahkan, sesekali para calon diuji pengetahuan agama dan seputar Pemkab Palas.

“Ya, itu bagian dari pengetahuan umum dan regulasi tentang desa. Mulai dari pemerintahan desa sampai dana desa,” ungkap Imron.

Saat sesi wawancara langsung dengan para panelis, calon juga diuji pengetahuan Pancasila. Lebih dari itu, nama-nama pemimpin daerah serta lagu mars Padang Lawas juga turut dipertanyakan terhadap para balon kades.
Satu persatu balon dihadapkan dengan empat panelis. Disitu juga dipertanyakan motivasi maju pada pilkades ini. (tan)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close