Berita

Kabut Asap Selimuti Labusel dan Labuhanbatu

LABUSEL, FaseBerita.ID – Kabut asap mulai selimuti wilayah Kabupaten Labusel dan Labuhanbatu sejak Rabu (11/9/2019) pagi. Kabut Asap itu diduga berasal dari adanya kebakaran hutan di daerah Riau.

Kaban BPBD Labuhanbatu Sopyan Hasibuan membenarkan mulai adanya kabut asap menelimuti wilayah Labusel dan Labuhanbatu. “Iya, kabut asap mulai menyelimuti kawasan Labuhanbatu, begitu juga Labusel. Ini dampak adanya kebakaran di daerah Riau,” jelasnya Rabu (11/9/2019).

Dijelaskannya, pihaknya sedang berkordinasi dengan pihak BMKG Sumut untuk mengetahui titik kordinat kebakaran tersebut. “Saya masih kordinasi ke BMKG,” ucapnya.

Anto, salah seorang warga Pinang Dame Labusel kepada awak media mengatakan, kabut asap mulai menelimuti kawasan Labusel sejak Rabu Pagi, terutama di Kawasan Pinang Dame. Proses berlajar mengajar sudah mulai terganggu, begitu juga di perkantoran Pemkab Labusel sangat terlihat jelas.

“Sejak pagi, kabut itu sudah terlihat. Hingga saat ini kondisinya masih terus menyelimuti kawasan Labusel, kabut asap ini diduga berasal dari adanya kebakaran hutan di daerah Riau. Jadi asapnya mungkin sampai kemari, apalagi daerah kami paling dekat jaraknya,” jelasnya.

Ditambahkanya, khusus pengguna jalan yang menggunakan kenderaan terpaksa harus lamban dikarenakan jarak pandang terhalang akibat kabut asap itu.

“Harus pelan-pelan karena kabut itu. Pengguna sepeda motor juga banyak yang sudah menggunakan masker saya lihat yang melintas di jalan raya,” ucapnya.

Begitu juga dengan FH, warga Langga Payung, dia berharap agar Pemerintah Labusel segera membagi masker kepada masyarakat melalui instansi terkait. Karena dikawatirkan kabut asap ini bisa mengganggu kesehatan saluran pernafasan (ISPA) terutama bagi pengguna jalan dan anak-anak.

“Kita kawatir kabut ini masih terus berlanjut, atau semakin tebal, makanya kita berharap pemkab harus bisa mengantisipasi sedini mungkin,” jelasnya.

Terpisah, Budi warga Rantauprapat, juga mengakui adanya Kabut asap yang terasa menyelimuti Kota Rantauptapat, namun kondisinya belum begitu tebal, namun untuk saluran pernapasan sudah mulai terasa.

“Ada juga di Ranto ini, kabut asap mulai kelihatan,” jelasnya.

Sementara Pihak Pemkab Labusel tak satupun yang bisa dihubungi terkait kabut asap yang menyelimuti wilayah Labusel. Padahal Kabut asap lebih tebal dibanding Labuhanbatu sebab Kabupaten Labusel langsung berbatas dengan Provinsi Riau. (bh/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close