Berita

Jelang Karnaval Pesona Danau Toba ke 4, Semua ASN Tobasa Kenakan Motif Ulos

TOBASA, FaseBerita.ID – Menjelang Karnaval Pesona Danau Toba ke 4 di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu mengenakan motif ulos.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Pemkab Tobasa, hal itu sesuai instruksi Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, agar seluruh ASN di daerah itu mengenakan kostum motif ulos sejak taggal 9 hingga 15 September 2019.

“Perhelatan Karnaval sejak tanggal 13 hingga 15 September. Untuk itu, Bapak Bupati menginstruksikan agar seluruh ASN sejak Senin kemarin mengenakan kostum bermotif ulos, tidak wajib pakaian dinas,” tutur Lalo H Simanjuntak yang diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2019).

Dijelaskan, Karnaval Pesona Danau Toba tahun ini mengangkat teema “Ulos dalam bingkai adat dan kostum”. Tema tersebut diangkat mengingat pesan Presiden Jokowi dalam karnaval pertama di Balige 3 tahun lalu bahwa ulos adalah bahagian erat dalam budaya Batak.

“Memang hak itu benar adanya, di mana sejak leluhur kita ulos sudah membudaya. Bahkan belakangan ini, selain dalam acara adat, sudah banyak home industri yang merancang berbagai kostum bermotif ulos,” jelasnya.

Maka melalui Karnaval tahun ini, lanjutnya, pemerintah setempat ingin menampilkan berbagai jenis ulos dan kostum.

Dipaparkan, Dinas Kominfo sendiri akan turut memeriahkan karnaval dengan memperagakan kostum bermotif ulos.
Peserta akan berjalan kaki sambil manortor mengikuti iring-iringan karnaval.

“Jadi dalam karnaval kali ini lebih banyak menampilkan peragaan busana bermotif ulos,” ungkapnya sambari mengajak seluruh elemen masyarakat turut terlibat memeriahkan karnaval.

Pantauan di lapangan, menjelang Karnaval yang akan dipusatkan di Kota Balige, selain para ASN , warga sekitar juga semakin banyak yang mengenakan kostum berbagai bentuk dengan motif ulos. (ft/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close