Berita

Apel Kebangsaan dan Bela Negara pada HUT ke 41 FKPPI

Tingkatkan Kesadaran Bela Bangsa dan Negara

FaseBerita.ID – Seluruh kader FKPPI diminta untuk menjaga semangat kebangsaan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. FKPPI juga harus ikut mengambil peran untuk meningkatkan kesadaran bela bangsa dan negara.

Hal ini disampaikan Ketua umum FKPPI Pontjo Sutowi dalam arahannya saat Apel kebangsaan dan bela negara sekaligus pembukaan Diklatkordya III Tahun 2019 dalam rangka HUT ke 41 FKKPI yang digelar di Lapangan Korem 022 Pantai Timur Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Rabu (11/9/2019).

Adapun tema dalam kegiatan tersebut adalah Bersatu berdaulat dalam mempertahankan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya sangat menghargai diselenggarakannya apel kebangsaan dan bela negara ini sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari jadi organisasi kita yang ke-41. Apel semacam ini sangat penting untuk menegaskan kembali visi kebangsaan kita, di tengah-tengah situasi kebangsaan yang cukup memprihatinkan terutama merosotnya semangat kebangsaan dan merenggangnya sosial di sebagian masyarakat Indonesia,” ujar Ketua umum FKPPI Pontjo Sutowi.

Pontjo menambahkan, FKPPI harus mengingat bahwa bangsa ini adalah bangsa yang majemuk yang telah berkehendak kuat untuk melebur dan hidup bersama dalam satu bangunan ke Indonesiaan berdasarkan nilai bersama yang telah disepakati yaitu Pancasila.

“Oleh karena itu kita telah melembagai (konsep bela Negara) ke dalam penataan organisasi dan program-programnya. Kita juga telah mengembangkan berbagai program dalam rangka membangun dan memperkokoh kesadaran bela negara pada semua tingkatan kepengurusan.” tambahnya.

“FKPPI sebagai organisasi kemasyarakatan yang dilahirkan oleh keluarga besar TNI/Polri tentu tidak bisa tinggal diam melihat kenyataan ini. Dalam pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Indonesia untuk kepentingan bersama,” terangnya.

Pontjo Sutowi berharap semua jajaran FKPPI dapat membantu TNI dan Polri dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan bangsa dan negara. Serta ikut berperan dalam membangun dan mengembangkan sistim senjata sosial bangsa melalui konsep bela Negara.

Terpisah, Brigadir Jenderal TNI Untung Budiharto saat diwawancarai para wartawan usai upacara apel kebangsaan dan bela negara menyebutkan bahwa FKPPI adalah organisasi yang terdiri dari putra putri TNI maupun Polri.

“Semangat untuk mengabdi kepada negara dan bangsa mengutamakan persatuan, dengan kegiatan seperti ini, saya sangat optimis dengan FKPPI akan bisa mewujudkan cita-cita perjuangan dan kehormatan orang tuanya. Jadi ini merupakan acara yang sangat penting bagi kita semua,” katanya. (mag04)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close