Berita

Polisi Datangi Lokasi Pembangunan Tugu Sangnaualuh

SIANTAR, FaseBerita.ID – Lokasi pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh Damanik di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar masih ditutupi seng. Selasa (10/9/2019) siang, polisi dari Unit Tipikor Polres Pematangsiantar mendatangi lokasi tersebut.

Sayangnya, pihak Polres Pematangsiantar enggan memberikan keterangan terkait kedatangan mereka ke lokasi tersebut.

“Kalau soal itu, tanya ke Kasat lah,” ujar Kanit Tipikor Polres Pematangsiantar Iptu Bangun ketika dihubungi.

Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar Iptu Nur Istiono saat dikonfirmasi tidak ada memberikan tanggapan.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (Kadis PUPR) Pematangsiantar Jonson Tambunan membenarkan kedatangan polisi dari Unit Tipikor Polres Pematangsiantar ke bekas lokasi pembangunan tugu.

“Mereka meminta saya mendampingi. Jadi saya ikut ke sana,” katanya.

Jonson mengatakan, kehadirannya di sana hanya sebagai pendamping dan tidak ada dimintai keterangan.

“Saya tidak tau tujuan mereka ke sana. Intinya, saya hanya mendampingi,” jelasnya.

Diketahui proyek pembangunan tugu tersebut telah dihentikan Pemko Pematangsiantar. Alasannya, bisa menimbulkan bencana sosial. Akibatnya, pemberhentian pembangunan tersebut menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Sebab uang yang telah dikeluarkan dari APBD tahun 2018 untuk pembangunan tugu tersebut mencapai Rp913 juta. Sementara proyek pembangunannya mangkrak dan tidak bisa dimanfaatkan masyarakat.

Selain itu, pemberhentian pembangunan tugu tersebut membuat Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) Pematangsiantar melaporkan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Jonson Tambunan ke Polres Pematangsiantar.

Bahkan, Himapsi sudah melayangkan surat ke Polres Pematangsiantar guna memertanyakan sejauh mana penyelidikan terhadap laporan mereka.

Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar saat itu, AKP Demak Ompusunggu membalas surat Himapsi yang menyebutkan laporan Himapsi masih dalam tahap penyelidikan.

Saat ini, lokasi pembangunan tugu di Lapangan H Adam Malik itu sudah ditumbuhi semak-belukar dan hanya pajangan besi serta dikelilingi seng. (pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close