Berita

Lapas Salambue Over Kapasitas

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Warga Binaan dan tahanan di Lembaga Permasyarakatan Klas IIb Salambue dinilai melebihi kapasitas dan daya tampung. Jumlahnya mencapai lebih 100 persen dari kapasitas jumlah yang semestinya.

Bahkan, kondisi ini rentan menimbulkan konflik antar penghuni Lapas hingga pelarian dan kerusuhan dari Lapas.
Kepala Lapas Salambue Haposan Silalahi menerangkan, Lapas yang berada di Desa Salambue, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan itu memiliki daya tampung semestinya 400 tahanan. Namun jumlah warga binaan dan tahanan saat ini sudah jauh melebihi jumlah itu, hingga 100 persen lebih.

“Langkah strategis menjamin keamanan tahanan, kita adakan pemeriksaan rutin dan menjamin keperluan mereka,” katanya.

Konflik antar tahanan yang umum terjadi di sana, karena kebutuhan air. Antar warga harus antre mengambil air untuk kebutuhannya.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga binaan yang baru saja berkelahi dengan warga binaan lainnya, karena antrian mengambil air.

Lantas bagaimana Kepolisian mengambil langkah strategis menciptakan stabilitas keamanan dalam membantu Lapas Klas IIb Salambue serta antisipasi keributan dan kaburnya tahanan dari Lapas?

Kapolres Kota Psp AKBP Hilman Wijaya saat ditanyai wartawan sepenuhnya menyerahkan pertanyaan itu kepada Kalapas.

Sementara Kabag Hukum Pemerintah Kota Padangsidimpuan Irfan membenarkan kalau Lapas Salambue dinilai sudah over kapasitas. Dan, umumnya warga binaan di sana merupakan warga Kota Padangsidimpuan. Hanya saja, Irfan tak ingin memberi tanggapan terkait hal itu. Sebab tak pernah ada hubungan lembaga vertikal untuk diurusi Pemda.

Artinya, selama ini tak pernah ada kontribusi sampai intervensi Pemko Kota Psp dalam kaitannya pembinaan di Lapas.

“Kalau masalah itu, saya juga tak paham menjawabnya. Nanti lah ya, saya tanyakan dulu ke siapa yang paham tentang soal itu,” ungkapnya, Selasa (9/10/2019) melalui sambungan telepon selulernya. (san)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close