Berita

Bangunan di Atas Sungai Sarudik Ditertibkan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Guna menghindari meluapnya air sungai karena salurannya tidak berjalan lancar, Forkopimka Sarudik bersama Satpol PP Tapteng menertibkan bangunan yang ada di atas aliran sungai tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Penertiban bangunan di atas aliran sungai ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 1991 tentang Sungai, dan Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 12 Tahun 2012 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan sebagai dasar dalam penertiban bangunan yang berada di atas aliran sungai ini,” ujar Plt Camat Sarudik Harris SP Sihombing, Senin (9/9/2019).

Dijelaskannya, penertiban bangunan itu adalah langkah awal dalam mengantisipasi meluapnya air sungai pada musim hujan di Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik. Pasalnya, masyarakat telah meminta pemerintah dapat memberikan solusi untuk mengantisipasi terjadinya luapan air sungai tersebut.

“Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Sarudik sudah mengundang dan mengajak pemilik bangunan yang menutupi aliran sungai untuk menghadiri rapat agar solusi bisa diambil. Sebelum dilakukan penertiban bangunan ini, kita sudah melaksanakan beberapa kali rapat, tanggal 30 Agustus 2019 dan rapat lanjutan pada 5 September 2019. Pemilik bangunan telah disurati untuk menghadiri rapat namun pihak yang memiliki bangunan tidak hadir,” kata Harris.

“Karena tidak kunjung menghadiri rapat, maka Pemerintah Kecamatan Sarudik beserta Forkopimka Sarudik, dan Satpol PP Tapanuli Tengah beserta masyarakat sekitar bangunan yang berdiri diatas aliran sungai ikut menertibkan dan membongkar bangunan,” tuturnya.

Turut hadir pada penertiban bangunan diatas sungai itu, Danramil 03 Pandan Kapten Inf A. Saruksuk, Kapolsek Pandan AKP Zulkarnaen Pohan, Kepala Satpol PP Kabupaten Tapanuli Tengah Jontriman Sitinjak, serta Lurah se Kecamatan Sarudik. (dh/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close