Berita

Cegah Pungli Melalui Jaksa Garda Desa

TAPSEL, FaseBerita.ID – Untuk mengantisipasi kesalahan, kelalaian atas pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa ke depan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapsel mensosialisasikan ‘Jaksa Garda Desa’ di Balai Desa Simaninggir, Kecamatan Sipirk, Rabu (21/8/2019).

Kabid Pemdes Rocky H Siregar, Kamis (22/8/2019) menyebutkan, tujuan digelarnya sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Desa, tentang pemanfaatan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dan pencegahan terhadap penyalahgunaannya.

“Juga sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap pungutan liar (pungli),” kata Ricky H Siregar.

Adapun topik yang dipaparkan adalah terkait dengan potensi penyelewengan Dana Desa. Juga langkah dan kiat dalam mengantisipasi permasalahan yang dapat timbul di kemudian hari.

“Seperti tidak boleh ada bangunan atau pekerjaan yang dilaksanakan tanpa adanya musyawarah di desa. Jangan sampai ada bangunan yang bersumber dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, teapi tidak bermanfaat bagi desa maupun masyarakatnya. Selain itu ada juga topik pembangunan desa harus memberdayakan masyarakat serta menghindari praktek pungli,” ungkapnya.

Praktek pungli dimaksut seperti melakukan pemotongan honor perangkat desa atau pelaku pekerjaan di desa serta pungutan biaya tambahan atau berlebih untuk urusan administrasi dan pungutan lainnya.

“Kita berharap pelaksanaan kegiatan sesuai dengan UU No.6 Tahun 2016 tentang desa,” sebutnya seraya berharap kiranya semua program di desa berjalan dengan baik, mengacu pada aturan dan petunjuk yang ada.

“Tentunya harus sesuai dengan kebutuhan dan pemanfaatan dana desa demi kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran desa,” pungkasnya.

Adapun peserta sosialisasi di antaranya Kades, perangkat desa, BPD, TPK, Kepala Dusun, tokoh masyarakat dan unsur desa lainnya.

Hadir pada kegiatan itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Kabupaten Tapsel M Yusuf, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Mirza Erwinsyah dan Jaksa Fungsional Heulfeus Samosir SH serta Kabid Pemdes Rocky H Siregar. (ran)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close