Berita

Jalankan Putusan MK, KPU Humbahas Gelar Perhitungan Suara Ulang

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar perhitungan Suara Ulang (PSU) tingkat Kecamatan Dolok Sanggul pasca putusan Mahkamah Konsitusi (MK) atas gugatan partai Gerindra, baru-baru ini.

Pelaksanaan penghitungan suara ulang pada 160 TPS yang tersebar di 27 desa dengan satu kelurahan, Kecamatan Dolok Sanggul itu, dipusatkan di Wisma Rindang, Dolok Sanggul, Senin (19/8/2019).

Kegiatan tadi melibatkan KPU RI, KPU Provinsi Sumut, Kabupaten Humbahas, PPK, PPS serta KPPS. Dari KPU RI hadir Pramono Ubaid. Sementara dari provinsi Sumut hadir Ketua KPUD Provinsi Herdensi, beserta koleganya Yulhasni, Batara Manurung, Mulia Banuarea dan Syafrial.

Sementara jajaran Bawaslu hadir Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan, Suhadi Sukendar Situmorang, Henry Sitinjak, Marwan beserta staf dari Bawaslu RI, Panwascam dan pengawas TPS.

Ketua KPUD Humbahas Binsar Pardamean Sihombing mengatakan, proses perhitungan suara ulang untuk tinggkat kecamatan tidak menghadapi kendala yang berarti.

“Semua berjalan Lancar,” kata Patrdamean melalui sambungan selulernya, Selasa (20/8/2019).

Pardamean menyebut, proses yang dilakukan dalam penghitungan suara ulang adalah memindahkan hasil dari C1 plano ke C1 Hologram untuk selanjutnya direkapitulasi.

“Hari ini kita melakukan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan. Prosesnya rekapitulasi berlangsung dua hari, yaitu hari ini dan besok (Rabu 21/8/2019, red)” sebut Binsar.

Berikutnya, setelah rekapitulasi tingkat kecamatan, maka dilanjutkan dengan pemindahan dari C1 ke DAA1 dan DA1.

“Tanggal 22 Agustus dilanjutkan dengan rekap kabupaten. Memindahkan DA1 ke DB1. Itu hasil akhir di Kabupaten,” terangnya.

Ditanya terkait ada tidaknya perbedaan hasil perhitungan suara ulang dengan sebelumnya, Binsar enggan berkomentar. Dia berkelit dan mengatakan proses rekapitulasi sedang berjalan.

“Kita belum tau lae. Saat ini proses rekap sedang berjalan. Jadi, kita tunggu saja hasilnya nanti,” pungkasnya. (sht/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close