Berita

Dukung Kapten Bongsu Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

TAPTENG, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menyatakan dukungannya agar Kapten Bongsu Pasaribu ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia menjadi Pahlawan Nasional.

Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri resepsi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di tingkat Kecamatan Pasaribu Tobing yang dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Pasaribu Tobing, Sabtu (17/8/2019) malam lalu.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mendukung agar Kapten Bongsu Pasaribu ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Kita akan segera mengusulkan hal itu kepada Pemerintah pusat,” ujar Bakhtiar dalam sambutannya saat acara itu.

Selain itu, Bakhtiar juga menyampaikan, dengan momentum HUT ke-74 RI, seluruh lapisan masyarakat harus meningkatkan semangat kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dan memerangi penyakit masyarakat, khususnya bahaya narkoba yang sudah menghancurkan sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Persahabatan itu karena saling mengasihi. Malam ini saya dan Pak Wakil (Darwin Sitompul, red) hadir di resepsi HUT ke-74 Republik Indonesia di Kecamatan Pasaribu Tobing. Dengan momentum Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini, mari kita bersama-sama memerangi penyakit masyarakat, khususnya narkoba,” ucapnya.

Usai menyampaikan kata sambutan itu, Bakhtiar bersama rombongan serta warga dengan sangat antusias menandatangani deklarasi mendukung agar Kapten Bongsu Pasaribu ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Diketahui, Kapten Bongsu Pasaribu berperan besar dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Tapanuli tahun 1945-1949, khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Goa Sijurung di Kecamatan Pasaribu Tobing oleh warga disebut tempat Kapten Bongsu Pasaribu mengatur strategi dalam melawan Belanda di Sorkam, Barus dan sekitarnya. (dh)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close