Berita

30 Anggota DPRD Paluta Dilantik

Masih Didominasi Wajah Lama, Selamat Bekerja!

FaseBerita.ID – Pelantikan anggota DPRD Paluta periode 2019-2024 ternyata masih didominasi wajah-wajah lama. Dari 30 orang yang dilantik, 17 di antaranya adalah petahana dan 13 nama lainnya merupakan wajah baru.

Pelantikan yang dilakukan di Ruang Paripurna Gedung DPRD Paluta, Senin (19/8/2019) berjalan lancar.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang Sidimpuan Julius Panjaitan SH MH, Rohaniawan Agama Islam Drs Iswardin MPd, Rohaniawan Agama Kristen Protestan Parsaoran Munthe STh.

Acara pengambilan sumpah dan janji dirangkai dengan penyematan PIN dan penyerahan SK kepada perwakilan anggota DPRD oleh Ketua PN Padang Sidimpuan Julius Panjaitan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyampaikan bahwa pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD merupakan amanat dari ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu pasal 156 ayat (1) Undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menyatakan anggota DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama sama yang di pandu oleh ketua pengadilan negeri dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten/Kota.

“Pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah,” ujarnya.

Pada hakikatnya otonomi daerah diberikan kepada rakyat sebagai suatu kesatuan masyarakat hukum yang diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah yang dilakukan oleh DPRD dan kepala daerah dibantu oleh perangkat daerah.

DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diberi mandat oleh rakyat untuk melaksanakan urusan pemerintahan.untuk itu DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai mitra sejajar namun mempunyai fungsi yang berbeda.

“Pemilihan umum telah selesai siapapun yang telah terpilih dipastikan mengabdi untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu sebagai anggota dewan, saudara harus memastikan hal tersebut untuk membela dan memperjuangkan kepentingan seluruh masyarakat melalui kewenangan yang diberikan kepada saudara tanpa membeda-bedakan basis massa maupun yang bukan basis massanya,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Paluta Andar Amin Harahap mewakili Pemkab Paluta juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas tugas dan pengabdian yang dibebankan kepada anggota DPRD Padang lawas utara yang baru dilantik.

“Selamat bekerja bagi yang terpilih dan baru dilantik serta terima kasih kepada anggota DPRD Paluta periode sebelumnya yang telah berjasa dan memberikan kontribusinya selama menjabat untuk membangun daerah kabupaten Paluta,” ucapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan Petikan SK Gubernur Sumatera Utara nomor: 188.44/475/KPTS/2019 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD padang lawas utara tahun 2014-2019 dan pengangkatan anggota DPRD Padang lawas utara priode 2019-2024 yang dibacakan oleh Sekwan Kabupaten Paluta Amsal Kori Siregar.

Pelantikan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, Wabup Paluta H Hariro Harahap SE MSi, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Mayor (ARM) Hasran Harahap, Kapolres Tapsel, Ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar, Komisioner KPU Paluta, Bawaslu Kabupaten Paluta, ketua TP-PKK Kabupaten Paluta, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Paluta, pimpinan OPD di lingkup Pemkab Paluta, Camat, Ormas/OKP, LSM dan pers serta stake holder terkait lainnya. (ais)

Berikut 30 nama-nama anggota DPRD Paluta periode 2019-2024:

No. Nama Anggota DPRD Partai Politik
1 Mukhlis Harahap SHi MSi Partai Golongan Karya
2 Amas Muda Siregar SE Partai Golongan Karya
3 Mula Rotua Siregar SE Partai Golongan Karya
4 Jaharuddin Siregar SE Partai Golongan Karya
5 M Yusuf Pasaribu SPd MM Partai Golongan Karya
6 Hj Dewi Irawan Harahap Partai Golongan Karya
7 Siramuddin Harahap SE Partai Golongan Karya
8 Machmud Pratama Harahap Partai Golongan Karya
9 Basri Harahap Partai Demokrat
10 Panggana Siregar SE Partai Demokrat
11 Rico Rivai Siregar Partai Demokrat
12 Drs Baleo Muda Siregar Partai Demokrat
13 Orial Badry Harahap SH Partai Gerakan Indonesia Raya
14 Abdul Gafur Simanjuntak ST Partai Gerakan Indonesia Raya
15 H Toguan Harahap Partai Gerakan Indonesia Raya
16 H Pati Kan Kan Harahap SE Partai Gerakan Indonesia Raya
17 Syafaruddin Harahap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
18 Hj Nur Baiti Harahap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
19 Sarluman Siregar SH Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
20 Nimrod Sitorus SH Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
21 Samsul Bahri SAg Partai Bulan Bintang
22 Samsudin Harahap Partai Bulan Bintang
23 Akhiruddin Ritonga Partai Bulan Bintang
24 Tariparlaut Harahap Partai Kebangkitan Bangsa
25 Mariasin Pane SP Partai Kebangkitan Bangsa
26 Hermansyah Lubis Partai Amanat Nasional
27 M Amin Siregar SH Partai Amanat Nasional
28 H Abdul Rahman Siregar Partai Persatuan Pembangunan
29 H Hajuddin Ritonga SHi Partai Persatuan Pembangunan
30 Safnawati Nasution SE Partai Nasional Demokrat

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close