Berita

Pemkab Lirik Potensi Wisata ‘Trend Ngopi’

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pemkab Tapsel komit mendukung pengembangan perpariwisataan di daerah itu. Dengan memanfaatkan sayap yang berpotensi memajukan sektor pariwisata demi terwujudnya Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Salahsatunya dengan melirik potensi trend baru ‘ngopi’ untuk menunjang destinasi wisata daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Tapsel A Saftar Harahap, saat menghadiri acara syukuran rumah parsadaan turunan almarhum Sutan Mara Alam Pulungan, di Salasa, Kelurahan Baringin, Kecamatan Sipirok, Rabu (14/8).

Diungkapkan, rumah parsadaan turunan almarhum Sutan Mara Alam Pulungan, dibangun oleh perantau Khairul Pulungan. Ini merupakan bentuk kepedulian perantau pada kampung halaman. Dan semua itu tentunya untuk mendukung destinasi wisata daerah, khususnya di Sipirok.

“Sipirok sangat terkenal dengan kopi. Terkenal dengan toleransi, adat budaya dan keramah tamahan masyarakatnya nya. Juga suhu sejuknya serta potensi lainnya. Melalui rumah parsadaan yang unik ini, akan menjadi daya dorong juga dalam upaya pengembangan destinasi wisata daerah,” ungkapnya.

Diungkapkan, melihat keseriusan pemilik rumah dalam membantu masyarakat dalam mengembangkan kopi di daerah itu, tentu harus disambut dengan baik. Demi terciptanya destinasi wisata Tapsel yang baru dan menarik.

“Dibidang kopi, bisa juga kita tawarkan dan promosikan Sipirok menjadi sentra minum kopi yang menarik. Trend minum kopi harus kita sambut menjadi destinasi wisata baru di Tapael. Apalagi, para perantau seperti pak Pulungan memiliki semangat untuk mengembangkan tanaman kopi didaerah ini,” sebutnya.

Khairul Pulungan pemiliki rumah parsadaan turunan Sutan Mara Alam Pulungan menyebut, rumah tersebut memiliki fasilitas kamar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Selain, membangun rumah parsadaan sebagai tempat persinggahan tamu,  bersama MPIG, pihaknya juga akan membangun sentra kopi Sipirok untuk mengembangkan kopi di daerah itu.

“Kopi merupakan tanaman andalan masyarakat Sipirok sejak dulu. Kita sangat komit untuk mendukung pengembangannya. Kita sambut baik , semangat dari Pemkab Tapsel yang juga memiliki keinginan yang sama dengan kita, demi kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat, ” ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Jamaah Pulungan. Dia berharap, Pemkab Tapsel juga perlu mendukung pembangunan jalan menuju lokasi sentra kopi yang akan dibangun.

Pada kesempatan itu, hadir juga MPIG Erwinsyah Siregar dan perwakilan PT NSHE, Publik Relation, Dede Wafiza Ashia.

Dede Wafiza Ashia mengatakan, syukuran masuk rumah parsadaan yang kabarnya direncanakan menjadi sekretariat MPIG. Sehingga akan menjadi daya dorong dalam meningkatkan kapasitas masyarakat petani kopi ke depan menuju masyarakat yang sejahtera.

“PT NSHE akan senantiasa mensupport program yang dirancang masyarakat dan Pemkab Tapsel tentang pengembangan tanaman kopi diderah  ini,” ungkapnya. (ran)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads