Berita

Di Asahan, Pengukuhan Paskibra Diwarnai Isak Tangis

FaseBerita.ID – Hampir tiga bulan lamanya menjalani pemusatan latihan, 40 anggota Paskibra Asahan akhirnya dikukuhkan Plt Bupati Asahan H Surya BSc, Kamis (15/8/2019) di aula Melati kantor Bupati Asahan.

Rasa haru sangat terasa saat para pasukan pengibar bendera ini dikukuhkan dan satu persatu mulai mencium bendera merah putih. Air mata dari para putra-putri terbaik dari Bumi Rambate Rata Raya ini mengalir selama prosesi mencium bendera diiringi lagu padamu Negeri.

Sebelum dikukuhkan, putra-putri Paskibra Kabupaten Asahan ini terlebih dahulu mengucapkan sumpah janji. Bupati Asahan melalui Plt H Surya B.Sc, kemudian menyematkan sabuk kepada perwakilan anggota Paskibra disaksikan orang tua siswa.

Dalam sambutannya Surya mengatakan bahwa para anggota Paskibra tersebut harus bangga karena telah terpilih menjadi petugas pengibar bendera dalam upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019 ini.

Untuk itu, imbuhnya, ikrar yang telah disampaikan harus dihayati. Namun, lebih penting lagi dipedomani dan dijalankan dalam pengabdian terhadap bangsa dan Negara sebagai generasi muda yang ada di Kabupaten Asahan khususnya.

“Saya ucapkan selamat kepada 40 orang anggota Paskibra yang nantinya bertugas pengibar bendera, karena seleksi yang dilakukan pastinya sudah cukup melelahkan dan makan waktu yang panjang. Adik-adik patut bangga karena bisa terpilih sebagai anggota Paskibra Asahan tahun 2019 ini,” ujar Surya.

Surya juga mengucapkan kepada para angggota Paskibra dan pelatih dari Kodim 0208 Asahan karena dengan mengikuti instruksi pelatih serta penggemblengan yang dilakukan selama ini, mulai pagi hingga sore.

“Semoga hasilnya sempurna seperti yang diharapkan yang akan dapat dilihat pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti. Persiapkanlah diri kalian baik-baik sejak sekarang ini dalam melewati tonggak sejarah yang penting ke depan untuk siap melanjutkan tugas kepemimpinan di negara ini,” pesan Surya.

Sementara itu, amanat dibacakan oleh Dandim 0208 Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh juga berpesan bahwa Paskibra adalah merupakan langkah investasi awal sebagai prestasi yang harus diukir terus dan merupakan batu locatan untuk maju kedepan.

Oleh karena itu, kata Dandim Asahan upacara pengukuhan adalah merupakan suatu moment yang begitu penting dan memiliki makna tersendiri terutama bagi Paskibra yang merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Asahan.

“Generasi muda harus punya komitmen dalam menjaga keutuhan bangsa mempunyai sikap saling menghargai tidak memandang suku, ras maupun agama. Melalui pelantikan Paskibra Asahan ini diharapkan jadi menambah semangat juang kemerdekaan lagi bagi kita untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa terutama untuk generasi muda,” pesan Dandim. (per/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads