Berita

Driver Gojek Menjerit: Tarif Naik, Orderan Sepi dan Insentif Berkurang

SIANTAR, FaseBerita.IDDriver ojek online Gojek di Pematangsiantar menjerit! Sebab, terhitung mulai Jumat (9/8/2019) lalu tarif naik. Khususnya untuk transportasi sepedamotor atau Go Ride. Dari minimal Rp4 ribu menjadi Rp9 ribu. Alhasil, orderan sepi. Kondisi diperparah dengan insentif yang juga dikurangi.

Rabu (14/8/2019) ratusan driver Gojek berunjukrasa. Mereka mendatangi gedung DPRD, kantor Dinas Perhubungan (Dishub), dan kantor Gojek di Jalan Medan.

, Jalan Merdeka Pematangsiantar sekitar pukul 09.00 WIB.

Dari Lapangan Parkir Pariwisata, mereka menuju gedung DPRD. Lalu ke kantor Dishub, dan terakhir ke kantor Gojek.

“Hapuskan Orderan Anyep!”

“Cabut Permenhub No 12 Tahun 2019!”

“Kembali pada Skema Tarif dan Bonus Lama!”

“Hapuskan Akun Prioritas Dan Akun Gagu!”

Demikian curahan hati para driver yang dituliskan di spanduk sepanjang dua meter.

“Akun gagu! Orderan sepi! Kami minta pertanggungjawaban dari PT Gojek Indonesia!” teriak salah satu driver.

Massa driver Gojek unjuk rasa di depan kantor Gojek Pematangsiantar.

Koordinator massa, Hisen Pasaribu(47) mengatakan para driver menuntut tarif Gojek di Pematangsiantar dikembalikan ke zona tiga. Sebab Upah Minimum Regional (UMR) di Pematangsiantar  masih di bawah daerah lain.

“Kami juga meminta tarif dan bonus dikembalikan seperti sebelumnya,” katanya.

Menurut Hisen, pasca tarif naik, pendapatan para driver hanya Rp30 ribu sehari.

“Bagaimana kami menghidupi keluarga kami? Penumpang sepi dan banyak yang protes karena kenaikan tarif,” jelas Hisen, seraya menambahkan saat ini driver kewalahan mengejar omzet akibat sangat minimnya orderan.

Sayangnya, saat di depan gedung DPRD, tidak ada seorang pun anggota dewan menerima mereka.

“Di mana kalian, Pak? Kenapa malas ke kantor? Ini kami rakyatmu! Dengarkan kami! Jangan di waktu Pemilu saja dekat sama rakyat!” teriak massa.

Kapolsek Siantar Martoba Iptu Resbon Gultom yang juga koordinator pengamanan dari Polres Pematangsiantar mengatakan, pihaknya telah berupaya menghadirkan perwakilan dari DPRD. Namun ternyata tidak ada anggota DPRD yang berada di kantor.

“Kami berjanji akan menyurati seluruh partai untuk merevisi anggota partainya  yang telah terpilih kembali menjadi anggota DPRD. Kami juga berjanji dalam waktu dekat kami akan hadir dengan jumlah yang lebih besar, bersama masyarakat,” teriak massa, setelah mendengar penjelasan Iptu Resbon Gultom.

Selanjutnya massa menuju kantor Dishub. Di kantor Dishub, mereka diterima Yusril Sitorus, yang mewakili pihak Dishub.

“Terima kasih. Masukan dan dan tuntutannya akan kami teruskan ke pimpinan kami,” katanya.

Sekira pukul 13.00 WIB, massa menuju kantor PT Gojek Online. Di sana, mereka bertemu Admin Operasional PT Gojek Indonesia Kota Pematangsiantar, Atun. Selanjutnya, semua keluhan dan tuntutan para driver telah diterima, dan langsung dikirim melalui email ke PT Gojek Indonesia, dengan disaksikan koordinator massa. Setelahnya, massa pun membubarkan diri. (mag-03)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads