Berita

DPRD Psp Periode 2019-2024 Dilantik: Kursi Golkar Terbanyak

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Sebanyak 30 anggota DPRD Padangsidimpuan masa jabatan 2019-2024 akhirnya resmi dilantik, rabu (14/8/2019). Berdasarkan hasil perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih, Partai Golkar meraih suara terbantak yakni 6 kursi disusul Partai Gerindra dan PAN masing-masing 4 kursi.

Pantauan wartawan, Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Julius Panjaitan memimpin pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Padangsidimpuan masa jabatan 2019-2024 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (14/8/2019).

Pengambilan sumpah/janji itu berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/467/KPTS/2019 tentang Pemberhentian Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan Masa Jabatan 2014-2019 dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan Masa Jabatan 2019-2024.

Prosesi pengambilan sumpah diawali dengan acara pembukaan sidang paripurna yang dipimpin Pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 Hj Taty Ariyani Tambunan dan Edy Jurianto serta didampingi Walikota Irsan Efendi Nasution dan Wakil Walikota H Arwin Siregar serta Ketua Pengadilan Negeri Julius Panjaitan.

Rangkaian acara berlanjut seperti halnya rapat paripurna. Sekretaris DPRD Irfan Bakhri Siregar membacakan surat masuk. Selanjutnya, prosesi pengambilan sumpah/janji 30 anggota wakil rakyat masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung dengan khidmat.

Usai pengambilan sumpah, Pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 menyerahkan palu sidang kepada Pimpinan Sementara DPRD masa jabatan 2019-2024.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada seluruh anggota DPRD yang terpilih untuk mewakili seluruh masyarakat Padangsidimpuan. Dengan mewakili ini, nantinnya bisa menjembatani aspirasi yang ada ditengah-tengah masyarakat,” kata Pimpinan Sementara DPRD Padangsidimpuan, Siwan Siswanto.

Anggota DPRD dari Partai Golkar ini juga menyebutkan ungkapan terimakasih kepada anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 yang telah mengabdikan diri selama 5 tahun untuk membangun Kota Padangsidimpuan.

“Kami berjanji akan meneruskan program-program yang belum terlaksanakan di periode ini, dan memadunya dengan program-program dewan lima tahun ke depan demi mewujudkan visi-misi Pemerintah Daerah Kota Padangsidimpuan,” jelasnya.

Siswanto juga mengajak seluruh anggota DPRD memadu kebersamaan, seraya meninggalkan kepentingan pribadi, etnis, golongan maupun agama demi kepentingan masyarakat.

“Mari kita singsingkan lengan baju serta menggandengkan tangan dalam menyongsong dan mengemban tugas serta amanah yang diberikan rakyat. Mari bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan pemerintah dan masyarakat demi mewujudkan visi misi pemko yang baik ke depannya,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH juga menyampaikan sambutan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Ia menyebutkan, sesuai ketentuan peraturan Perundang-Undangan Pasal 156 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang menyatakan Anggota DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri.

Pelaksanaan Pemilu tahun 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif, mulai dari tingkat pusat maupun Kabupaten/ Kota, menyebabkan Polarisasi dukungan terhadap calon-calon yang ada.

“Perbedaan pilihan maupun dukungan ditengah-tengah masyarakat bahkan di media sosial sudah sampai pada tahap mengkhawatirkan. Karena masing-masing pendukung menilai pilihannya adalah yang terbaik. Untuk itu, sebagai anggota dewan yang baru dilantik yang berasal dari pemilihan daerah yang berbeda-beda, dan partai politik yang berbeda, saya berharap anggota dewan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk kembali merajut silaturahim yang mungkin pada saat yang lalu kita berbeda pilihan,” kata Irsan.

Gubernur juga berpesan agar anggota dewan mengabdi untuk kepentingan seluruh masyarakat.

“Mengabdilah untuk kepentingan masyarakat. Tidak mendahulukan kepentingan pribadi, golongan maupun kelompok masing-masing. Atas Nama pemerintah kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota dewan masa jabatan 2014-2019 atas pegabdian dan dedikasi terhadap tugas yang telah saudara-saudara jalani,” ujarnya.

Dia berharap, walaupun pengabdian sebagai anggota dewan telah berakhir, namun kontribusi pengabdian untuk masyarakat jangan pernah berhenti. Dukungan maupun kritikan secara konstruktif harus diberikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat maupun jalannya pemerintahan.

“Terakhir, atas nama Pemko Padangsidimpuan dan masyarakat mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang baru saja dilantik, selamat bertugas,” ucapnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Ny Derliana Irsan Efendi dan Wakil Ketua TP PKK Ny Ir Hj Linda Lovinasari Arwin, Kapolres Kota Psp AKBP Hilman Wijaya, Dandim 0212/ TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Kaden C Brimob AKBP Bravo Sena SM Siahaan, Mewakili Kajari, Sekretaris Pengadilan Agama Ikbal, Ketua KPU Tagor Dumora Lubis dan Plt Sekda Letnan Dalimunte serta undangan lainnya. (bsl)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads