Berita

Pilkada Pematangsiantar Mulai Memanas, Sejumlah Kandidat Bermunculan

Liberty Ungguli Hefriansyah

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar mulai memanas. Sejumlah nama bermunculan sebagai kandidat untuk memimpin kota terbesar kedua di Sumatera Utara (Sumut) ini.

Dari sejumlah nama yang muncul, Marudut Liberty Panjaitan tampaknya diunggulkan. Bahkan, mengungguli Walikota Pematangsiantar saat ini, Hefriansyah.

Hal itu sesuai hasil polling di PollingKita.com. Tercatat ada delapan nama kandidat di polling tersebut. Kedelapan nama tersebut yaitu Marudut Liberty Panjaitan, Hefriansyah Noor, Astronout Nainggolan, dan Alpeda Sinaga. Kemudian, Mulia Purba, Ny Hulman Sitorus, Novri Aritonang, dan Togar Sitorus.

Polling yang dibuka sejak 12 Mei 2019 ini, terhitung hingga Senin (12/8/2019) pukul 17.00 WIB, mengunggulkan Marudut Liberty Panjaitan. Dari 2.635 suara, Marudut Liberty Panjaitan memeroleh 1.765 suara (67 persen).

Sedangkan Hefriansyah 238 suara (9 %). Sementara Ny Hulman Sitorus di tempat keenam dengan 91 suara (3,5 persen). Selengkapnya lihat tabel.

PollingKita.com

Sementara itu, dukungan terhadap Marudut Liberty Panjaitan berdatangan dari berbagai kalangan. Salah satunya dari warga Sipinggol-pinggol, Kecamatan Siantar Barat. Mereka menyatakan mendukung Marudut Liberty Panjaitan untuk memimpin Kota Pematangsiantar. Dukungan itu dinyatakan dalam bentuk video yang diunggah di akun Facebook Relawan Liberty.

Dukungan juga datang dari Masyarakat Minang Siantar. Melalui akun Facebook yang sama, mereka mengunggah video dukungan terhadap Marudut Liberty Panjaitan yang saat ini masih menjabat Kapolres Simalungun.

Dianggap Layak

Marudut Liberty Panjaitan dianggap layak dan mumpuni menjadi Walikota Pematangsiantar. Seperti dikatakan Pengamat Hukum dan Sosial Masyarakat DR Ridho Syahputra Manurung.

“Jika saya ditanya mengenai peluang Liberty dalam Pilkada ke depan, beliau memiliki peluang besar untuk dicalonkan dan memenangi Pilkada. Beliau itu memiliki potensi dikenal, diterima, dan dipilih. Kemudian memiliki modal jaringan nasional, daerah, dan tokoh-tokoh masyarakat. Apalagi beliau merupakan putra asli Siantar,” terangnya.

Karenanya, lanjut Ridho, sangat wajar Marudut Liberty Panjaitan menjadi topik pembicaraan di masyarakat dan harus didukung.

“Jika Siantar ingin lebih maju, harus dipimpin orang asli yang benar-benar mengetahui dan memahami budaya asli, sosial masyarakat. Sehingga dapat mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki kota Siantar,” katanya.

Ridho berpendapat masyarakat membutuhkan sosok pemimpin sederhana, berani menjalankan aturan/hukum, dekat dengan masyarakat, mampu memahami kepentingan masyarakat dan putra asli.

“Mendorong gerakan sosial masyarakat untuk bersama sama memberantas narkoba dan sinergitas sesama agama, suku di kota Siantar. Putra terbaik Siantar akan menjadi pemimpin ke depan jika gerakan sosial masyarakat bergandengan tangan dalam mewujudkannya,” ujarnya.

“Tapi, semuanya dikembalikan kepada beliau, mengingat karier beliau di kepolisian masih panjang untuk menjadi Jenderal Polisi,” tambahnya. (tim)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker