Berita

Tumbang, Pohon Aren Timpa Rumah Warga

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kediaman H Sitompul dan Demak Wilianti Butarbutar ambruk akibat ditimpa pohon aren yang berukuran sekitar 6 meter, tepatnya di Jalan Kawal Samudra, Siantar Timur Senin (22/7/2019) sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurut pengakuan Demak Wilianti Butarbutar. saat itu ia sedang di rumah dan mengganti baterai Hp nya. Tapi tiba-tiba sekira pukul 09.30 WIB, pohon aren yang sudah lama mati dan batangnya mulai merosok yang terletak di sebelah rumahnya tumbang dan mengenai rumahnya.

“Saat itu kami semua histeris dan trauma. Kami langsung ke luar rumah. beruntung tidak ada kami terluka,” katanya.

Namun karena batang pohon aren yang cukup besar, sehingga sebahagian rumahnya rusak dan perabot di dalammnya juga rusak.

Selanjutnya warga membuat laporan kepada lurah dan selanjutnya diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematangsiantar.

Sore harinya petugas bencana alam turun ke lokasi dan mengevakuasi pohon tersebut. Mereka juga memasang tenda sementara untuk tempat tinggal penghuni rumah.

Anitra Zenrato dari BPBD menerangkan mereka baru tiba sore hari lantaran Lurah setempat sangat lama melapor kejadiannya.

Peremajaan Pohon Terus Dilakukan

Terpisah, Kepala Dinas Tarukim Kota Pematangsiantar Reindward Simanjuntak saat dikonfirmasi perihal masih banyaknya pohon yang rawan tumbang belum dipangkas menerangkan bahwa pihaknya terus melakukan peremajaan.

“Sudah banyak pohon tua yang sudah ditebang apalagi pohon itu rentan terhadap resiko keamanan warga sekitar,” katanya.

Menurut Reinward bahwa tidak semua pohon bisa ditebang. Sebab bila masih aman dan layak dipertahankan maka hanya dilakukan pencabangan.

Penebangan pohon juga dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari Badan lingkungan Hidup. (mag03/pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close