Berita

Canangkan BBGRM XVI dan HKG PKK Syarfi Minta Petugas Kesehatan Kunjungi Lansia

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk meminta seluruh petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Sibolga untuk jemput bola dalam melayani kesehatan warga yang lanjut usia.

“Saya perintahkan, agar seluruh Kepala Puskesmas (Kapus), dokter dan tenaga medis lainnya di Puskesmas untuk jemput bola ke masyarakat. Tidak lagi sekedar menunggu pasien di Puskesmas,” ujarnya  dalam menyamlaikan sambutannya saat membuka pencanangan pelaksanaan rangkaian Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI sekaligus Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Kota Sibolga, Rabu (10/7/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, mewakili unsur Forkopimda, pimpinan OPD se-kota Sibolga, Camat dan Lurah se Kota Sibolga, LPM seKota Sibolga, pengurus dan kader TP PKK seKota Sibolga dan undangan lainnya.

Aksi jemput bola ini, sambung Syarfi, dilakukan khusus kepada warga Sibolga yang sudah lanjut usia, terutama orang tua lanjut usia (kakek/nenek) yang sudah mengenakan tongkat.

“Jangan lagi kita susahkan mereka untuk datang ke Puskemas, kita yang datang ke rumah-rumah mereka. Saya akan buat edaran dan surat tugas untuk hal ini,” pungkas Syarfi.

Sekaitan dengan kegiatan BBGRM, sambungnya, merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dalam penguatan integritas sosial menuju masyarakat Sibolga sejahtera maju dan berdaya saing.

“Untuk itu, saya meminta dan mengimbau seluruh Lurah agar berkonsultasi dengan Dinas PKPLH untuk melaksanakan gotong royong bersama masyarakat,” ujar Syarfi.

Ketua TP PKK Kota Sibolga Hj Delmeria Harun Sikumbang dalam sambutannya berharap, agar seluruh pihak yang hadir dalam kegiatan ini mampu menjadi penggerak di tengah-tengah masyarakat.

“Baik kader PKK, LPM, ASN dan semua kita yang hadir, harus mampu menjadi penggerak di tengah-tengah masyarakat, penggerak untuk mengajak masyarakat membudayakan gotong royong,”imbuh Delmeria.

Sebelumnya, sekretaris panitia pelaksana Hj Nur Aisyah Aritonang melaporkan, rangkaian kegiatan itu dilaksanakan mulai 10 Juli hingga 10 Agustus 2019, dan kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, dialog pembangunan antara Pemerintah Kota Sibolga dengan masyarakat, gotong royong kebersihan lingkungan.

“Kemudian bhakti sosial swadaya masyarakat, kegiatan lomba tari kreasi daerah yang disponsori oleh TP  PKK, dan pemberian bahan stimulant alat gotong-royong kepada kelurahan se-Kota Sibolga,” bebernya.

Dia mengatakan, seluruh kegiatan yang dilaksanakan dinilai oleh tim pelaksana kegiatan sesuai indikator penilaian yang sudah ditetapkan.

“Di mana kelurahan terbaik I, II, dan III yang nantinya akan ditetapkan melalui keputusan Walikota Sibolga,” terang Nuraisyah.

Pada kesempatan itu, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk berkesempatan menyerahkan bantuan alat-alat kebersihan berupa kereta sorong (beko), sekop, garpu, keranjang, dan sapu lidi kepada Lurah se Kota Sibolga. (rb)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads