Berita

Sinergitas Polres Tapsel dan Pemkab Palas, Pecahkan 2 Rekor MURI

PALAS, FaseBerita.ID – Sebanyak 3.325 Polisi Cilik (Pocil) memadati lapangan Sekolah MAN 1 Sibuhuan, Padang Lawas (Palas), Rabu (10/7/2019). Ribuan Pocil hadir untuk memecahkan rekor Muri.

Tidak tanggung, berkat sinergitas Polres Tapsel dan Pemkab Palas, dua rekor MURI berhasil ditorehkan.

Rabu (10/7/2019) pagi, ribuan anak-anak berseragam polisi yang berasal dari sejumlah SD di Palas berkumpul di Lapangan Sekolah Madrasah Aliyah (MAN) 1 Sibuhuan, Kabupaten Palas. Mereka tampak berbaris rapi.

Di bawah komando Nabila Sahara Azahra sebagai komandan upacara dan Reza Maulana Siregar sebagai perwira upacara, mereka setia menunggu kedatangan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib sang Inspektur Upacara.

Mirip dengan kegiatan apel yang biasa dilakukan, ketika inspektur upacara tiba, Nabila siswi dari SD Negeri 0411 Inpres Ujung Batu, Kecamatan Sosa ini langsung memberi komando untuk memberikan salam penghormatan.

Kemudian bersama Kapolres mengecek kesiapan 3325 personil Polisi Cilik binaan Kasat Binmas AKP Erman Tanjung ini.

Tidak hanya melakukan apel, 3325 Pocil juga melakukan senam pinguin massal bersama ratusan personil Polri, ASN Pemkab Tapsel, TNI dan warga. Acara sukses. “Kegiatan ini merupakan pemecahan Rekor MURI pertama di Indonesia untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73,” ungkap Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib.

Katanya, yang menjadi penilaian dalam pencatatan rekor MURI kali ini yaitu; apel akbar bhabinkamtibmas oleh polisi cilik sebanyak 3.325 orang dan senam pinguin oleh Bhabinkamtibmas polisi cilik terbanyak yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Atas prestasi tersebut, Kapolres mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh bhabinkamtibmas cilik, Pemkab Palas, guru-guru dan seluruh pihak yang terlibat.

“Pencatatan rekor MURI ini merupakan wadah untuk pengembangan karakter, membangun pribadi yang disiplin, beretika, bersosialisasi dengan lingkungan sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan menjadi contoh bagi keluarga, sekolah maupun lingkungan tempat tinggal,” tukas Irwa.

Dan keberhasilan kegiatan tersebut, ujarnya, tidak akan sukses tanpa ada sinergitas yang kuat antara Polres Tapsel dengan Pemkab Padang Lawas. “Dan ini merupakan kado istimewa bagi Institusi Polri dalam memperingati HUT Bhayangkara ke -73 Tahun 2019 juga dalam rangka memperingati hari jadi Pemkab Palas ke-12 Tahun 2019,” ucapnya.

Kegiatan tersebut, kata Irwa, juga merupakan agenda prioritas sesuai Nawacita Presiden yaitu menghadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

“Dan merupakan penjabaran program prioritas Promoter Kapolri dalam membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat,” tukasnya.

Manajer Operasional Muri Andre Purwandono, yang memberikan dua penghargaan atas pemecahan rekor tersebut menyampaikan, ia merasa kagum atas semangat yang dilakukan 3325 polisi cilik dan inisiasi sehingga penorehan prestasi ini sukses.

“Dua rekor sekaligus, yang pertama Apel Bhabinkamtibmas Cilik terbanyak, dan juga senam penguin terbanyak oleh Bhabinkamtibmas Cilik. Yang mana kegiatan hari ini belum pernah tercatat oleh Muri. Oleh karena itu, kami Tim Muri menyatakan kegiatan dengan dua rekor ini sah. Dan kami catat sebagai rekor Muri,” ujar Andre.

Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Erman Tanjung yang menginisiasi kegiatan ini mengatakan, idenya datang sejak ia menjabat sebagai Kasat Binmas pada awal 2019 lalu. Tujuannya, untuk menghadirkan Polri kepada masyarakat.

“Dan ide ini disambut dan didukung baik oleh Kapolres dan saya langsung diperintahkan untuk melaksanakannya,” ungkapnya.

Soal persiapan, kata Erman, ia tidak butuh waktu yang lama. Hanya dua Minggu saja. Dibantu rekan-rekan dan jajaran polri lainnya, Erman sukses melakukannya.

“Untuk persiapan dengan pelatihan kepada 3325 polisi cilik ini tidak lama, tapi intens kami lakukan selama dua minggu. Dan, Alhamdulillah berjalan baik serta sukses,” akunya senang.

Perwira pertama yang akan mengakhiri masa dinasnya beberapa bulan lagi ini berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut.

“Selalu berbuat yang terbaik bagi institusi dan memberikan inspirasi serta motivasi bagi yang lainnya. Usia tidak menghalangi kita untuk selalu berbuat baik. Alhamdulillah, prestasi ini juga menjadi kado istimewa untuk HUT Bhayangkara yang ke-73,” pungkas Erman Sumringah. (yza)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker