Berita

Warga Harapkan Ada Pemutihan Tunggakan BPJS Kesehatan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Masyarakat yang ingin mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan masih memiliki tunggakan di BPJS Mandiri, diminta untuk melununasi tunggakan, jika tidak dilunasi, maka tidak bisa diurus untuk kepsertaan KIS.

Menurut keterangan salah seorang warga menerangkan, sebelumnya ia mendaftarkan keluarganya ke BPJS Mandiri yang membayar setiap bulannya. Tapi karena keterbatasan ekonomi, iuran per bulannya tidak bisa dibayar lagi hingga bertahun-tahun. Alhasil menjadi daftar tunggakan di BPJS Kesehatran.

Selanjutnya warga tersebut berkeinginan mendapatkan kepesertaan KIS yang pembayarannya ditanggung pemerintah, namun keinginan tersebut terkendala lantaran ada tunggakan di BPJS Kesehatan.

“Kita berharap ada solusi dari pemerintah. Setidaknya, BPJS Kesehatan memutihkan atau menghapus tunggakan kepada warga yang memang miskin. Karena kalau membayar tunggakan itu sudah biaya besar,” terangnya.

Menurut keterangan Bastian Purba salah seorang staf di Dinas Kesehatan Simalungun membenarkan kalau dari BPJS Kesehatan mandiri mau pindah ke KIS harus melunasi BPJS Mandiri dulu baru bisa di ajukan ke KIS.

“Dan itu prosedur dari pusat, dan kita tegaskan harus dilunasi dulu baru bisa di ajukan ke KIS,” katanya.

“Solusi satu-satunya suka tidak suka, mau tidak mau harus melunasi dulu, jadi kalau sampai menunggak tanggung resiko karena sudah itu prosedurnya,” ujarnya.

“Jadi bagi masyarakat jangan sampai menunggak dan bayarlah kewajibannya agar tidak terkendala di kemudian hari,” tegasnya. (fi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads