Berita

Tingkatkan Layanan Smart City, Pemko Launching Aplikasi Berbasis Android CRM

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Komunikasi, Informasi (Kominfo) melaunching aplikasi Citizen Relation Management (CRM) Kota Sibolga, Kamis (11/7) di Aula Nusantara Kantor Walikota Sibolga.

Kepala Diskominfo Kota Sibolga Hermanto Harahap dalam laporannya menyampaikan, peluncuruan aplikasi CRM itu sebagai bentuk komitmen Pemko Sibolga dibawah kepemimpinan Walikota HM Syarfi Hutauruk. “Selain acara launching, kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi Peraturan Walikota Tentang Penyelenggaraan Penanganan Pengaduan Masyarakat Terintegrasi Melalui Aplikasi CRM,” jelas Hermanto.

Hermanto berharap, pihaknya mendapat dukungan dan sinergitas dari seluruh OPD hingga pihak kelurahan untuk turut mensukseskan sistem penanganan pengaduan masyarakat terintegrasi melalui aplikasi CRM tersebut.

“Yakni dengan bersikap responsif menindaklanjuti setiap keluhan ataupun pengaduan dari masyarakat, dengan tindakan yang terukur, efektif dan efisien, sesuai dengan bidang kewenangan masing-masing. Sehingga Sibolga Smart City dapat terus meningkat perwujudannya,” pungkasnya.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan, banyak hal yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Sibolga untuk menjadikan Kota Sibolga sebagai smart city (kota pintar), salah satunya pemanfaatan e-Government. “Sesuai dengan rencana induk program quick win menuju Sibolga Smart City, salah satunya adalah Sibolga Command Center yang telah berjalan dengan baik, yang di dalamnya terdapat berbagai aplikasi yang terintegrasi,” pungkas Syarfi.

Syarfi mengatakan, aplikasi Citizen CRM yang digunakan yakni sebagai salah satu wadah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dan terintegrasi dengan Command Center. “Pelayanan ini mengedepankan penanganan pengaduan masyarakat yang terintegrasi berbasis sistem Geo-Tagging, yang terhubung dengan ruangan Sibolga Command Center,” ujarnya.

Dia mengeaskan, agar aplikasi tersebut dimaksimalkan di setiap OPD hingga kelurahan. “Sehingga penyelenggaraan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat dapat lebih responsif, efektif, efisien dan terukur, sebagaimana harapan kita bersama tadi dapat diwujudkan,” tandas Syarfi. (rb)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker