Berita

Pokjaluh Kemenag dan Dinkes Gelar Khitanan Massal Gratis di Raya

FaseBerita.ID – Kelompok Kerja Penyuluhan (Pokjaluh) Kementrian Agama Kabupaten Simalungun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, menyelenggarakan bakti sosial berupa kegiatan khitanan massal yang diadakan di aula Masjid Ar Rahman Pematangraya, Rabu (10/7/2019).

Sebanyak 40 anak-anak dari Kecamatan Raya, Panei, Panombeian Panei, Purba, Haranggaol, Dolok Silau, dan Silimakuta mengikuti khitanan massal yang melibatkan 5 dokter dan 7 petugas kesehatan ini.

Ketua Pokjaluh Kemenag Kebupaten Simalungun Deni Sartika sekaligus ketua panitia kegiatan sosial ini mengatakan, program bakti sosial tersebut merupakan program khitanan masal yang kali  pertama dilaksanakan Kemenag Simalungun.

Namun, program ini akan dilaksanakan rutin ke depan dengan lokasi berbeda. Pelaksanaan khitanan massal ini merupakan swadaya Pokjaluh yang melibatkan beberapa pihak yang berpartisipasi moril dan materil dengan iklas.

“Antusias masyarakat ternyata sangat tinggi. Kita akan programkan secara rutin,” katanya.

Sementara Pelaksana Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun Edwin Simanjuntak mengatakan, Dinas Kesehatan Simalungun mengirimkan 10 tenaga kesehatan untuk kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan Pokjaluh Kemenag Simalungun. Selain partisipasi saat khitanan, Dinkes melalui Puskesmas melakukan perawatan pasca secara gratis.

“Anak-anak diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan setelah khitanan,”katanya.

Beragam ekpresi anak-anak yang mengikuti khitanan. Sebagian besar pucat karena takut, namun setelah selesai tampak gembira terpancar dari wajah anak-anak. (esa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker