Berita

Pemprovsu Bantu Pengusulan Asahan jadi Kabupaten Sehat

ASAHAN, FaseBerita.ID – Pemkab Asahan menyambut bahagia terkait usulan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah mengupayakan pengusulan Kabupaten Sehat untuk Asahan di Kementrian Kesehatan RI, pasca keluarnya surat pernyataan dari Bappeda Sumut Nomor 173.2/232/BPSU/2019 tentang pernyataan kebenaran hasil verifikasi KKS tahun 2019.

Terkait hal ini, Pemkab Asahan melalui Dinas Kesehatan menyambut baik hal tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Asahan dr Aris Yudhariansyah saat dikonfirmasi, mendukung dan menyambut bahagia terkait usulan dimaksud.

Menurutnya, jika hal ini terwujud, maka Asahan menjadi kabupaten pertama di Sumut yang meraih prestasi ini. “Di Sumut belum ada yang mendapat predikat Kabupaten Sehat, yang ada Kota Sehat yakni Tebingtinggi,” katanya di Kisaran, Rabu (10/7/2019).

Ia mengatakan, dalam prosesnya, sejak 2017 Pemkab Asahan sudah mengusulkan langkah-langkah verifikasi. Penilaian ini pun dilakukan dua tahun sekali, sejak 2017 dan 2019.

“Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah verifikasi tingkat kabupaten dan provinsi. Tinggal verifikasi Kemenkes dan Kemendagri untuk menilai apakah Kabupaten Asahan laik sebagai KKS,” ujarnya.

Dikatakannya, penghargaan Kabupaten Sehat diperoleh secara berjenjang yakni dimulai dari Padapa, Wiwerda, dan Wistara yang akan coba dikejar Kabupaten Asahan pada 2019.

“Ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Asahan untuk mewujudkan masyarakat religius, sehat, dan mandiri. Penghargaan ini juga merupakan aspirasi kami kepada bupati yang lama. Isu-isu kabupaten sehat sudah lama tapi belum diimplementasikan. Mudah-mudahan pada 2019 bisa diwujudkan Asahan sebagai Kabupaten Sehat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah mengusulkan Asahan ke Kementerian Kesehatan RI sebagai Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Usulan itu disampaikan Bappeda Sumut ke Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes pada 26 Maret 2019, melalui surat pernyataan.

KKS berupa usulan nilai hasil verifikasi yang tertuang dalam  form I.a dan I.b dari setiap kabupaten/kota sebagai salah satu  tahap penyelenggaraan verifikasi KKS di tingkat pusat, demikian petikan isi materi ditandatangani Ketua Tim Pembina KKS Sumut itu. (per/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads