Berita

Ini Jumlah Calhaj Psp yang Berangkat ke Tanah Suci

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Jajaran Pemko Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Manasik Haji, di Alaman Bolak Nadimpu, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan ini diikuti seluruh Calon Jamaah Haji Padangsidimpuan yang hadir di Alaman Bolak Nadimpu. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengulang kembali tata cara pelaksanaan Ibadah Haji sebelum diberangkatkan secara resmi dari Kota Padangsidimpuan menuju Asrama Haji Kota Medan dan dilanjutkan ke Makkah.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, menyebutkan, Manasik Haji merupakan salah satu kegiatan tahapan persiapan sebelum pemberangkatan melaksanakan Ibadah Haji ke Makkah. Tentu diharapkan setelah pelaksanaan Manasik Haji ini, para Calon Jemaah Haji akan mendapatkan pengetahuan tata acara beribadah haji yang tartil sesuai Rukun Haji.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padangsidimpuan, saya berpesan kepada Para Calon Jemaah Haji yang sekaligus juga peserta Manasik Haji agar kegiatan ini dilakukan dan diikuti dengan sebaik-baiknya. Mengingat menjadi Haji yang Mabrur tentu harus diiringi dengan niat haji yang juga baik,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata Irsan, keseriusan dan fokus dalam proses manasik haji ini tentu sangat dibutuhkan agar rangkaian tahapan yang diikuti dapat dilakukan dengan optimal dan kelak ketika ibadah haji yang sesungguhnya telah dilaksanakan.

“Para calon jamaah haji dapat beribadah sesuai dengan aturan yang telah disyariatkan dalam agama kita. Perlu sekali lagi kita ingat bersama, bahwa manasik haji ini merupakan gambaran kecil dalam beribadah haji dimana para peserta akan dilatih dan diberi pemaparan dan wawasan mengenai ibadah haji,” tuturnya.

“Di samping itu, saya beserta jajaran Pemko Padangsidimpuan turut berdoa dan berharap agar kiranya para Calon Jamaah Haji diberikan kesehatan dan kelancaran dalam proses manasik haji ini hingga ke depannya sampai ibadah haji dilaksanakan,” pungkasnya.

Kegiatan itu dihadiri jajaran IPHI Kota Padangsidimpuan yang memandu jalannya pelaksanaan Manasik haji dan MUI Padangsidimpuan, perwakilan TNI/Polri, Kemenag Psp, DPRD dan tamu undangan lainnya.

Kemenag Psp yang diwakili Kasi Penyelenggaraan Haji H Iyong Syahrial Siregar, menyebutkan, Calon Jamaah Haji yang akan berangkat pada tahun ini berjumlah 386 orang, petugas kloter sebanyak 5 orang dan 2 orang sebagai TPHD yang tergabung dalam Kloter 9. (bsl)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads