Berita

Aulia Pohan Puji Manajemen Darul Murysid

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapsel, mendapat pujian dari Aulia Pohan, saat berkunjung pada tanggal 4 Juli 2019 lalu.

Deputi Bank Indonesia periode 1999 – 2009 merasa takjub dan bangga, setelah melihat dan meninjau langsung semua fasilitas dan usaha yang dikembangkan serta manajemen di PDM.

“Saya baru pertama kali datang kesini, alhamdulillah ini adalah pesantren yang saya impikan. Pesantren yang berusaha mencetak calon cendekiawan atau intelektual muslim dan dikelola dengan manajemen yang bagus sekali.

Mudah-mudahan pesantren ini semakin maju dan jaya dimasa yang akan datang dan bisa melahirkan calon-calon intelektual muslim yang memilik akhlakul karimah,” ungkapnya saat pembukaan kuliah umum yang bertema ‘Peran Generasi Muda Dalam membangun Ekonomi Bangsa’. Dimana, kegiatan tersebut, digagas oleh Kantor Perwakilan BI Sibolga dan dilaksanakan di Aula PDM.

Bahkan saat dialog terbuka dengan para peserta yang berasal dari Badan Kemakmuran (BKM) se Sumatera Utara, Petani Kopi dan Bank Syariah serta Pimpinan PDM, disampaikan, jika dulu BI merintis, mendorong dan memfasilitasi Usaha Mikro Kecil (UMK) melalui program Bank Indonesia dalam rangka merangsang dan membangkitkan perekonomian bangsa.

Rasa kagumnya hadir, karena PDM kini memiliki usaha yang bergerak di bidang Kopi Arabica. Dan PDM memiliki kebun sekitar 5 hektare, kemudian memiliki pabrik yang untuk mengolah dan memproduksi green been kopi, bubuk kopi yang dikelola dengan manajemen yang baik.

“Saya lihat bukan hanya pesantrennya yang bagus manajemennya, tapi juga usaha yang dibangun PDM. Kalau ini dikelola secara berkesinambungan dan manajemen yang baik, saya yakin hal ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar pesantren untuk membantu membangkitkan perekonomian masyarakat,” pugkasnya.

Hadir juga Kepala KPw Sibolga Suti Masniari Nasution pada acara dialog tersebut. Suti menyampaikan bahwa BI Sibolga akan terus mendorong usaha Kopi yang kini sedang dibangun PDM. Bahkan BI Sibolga telah memfasilitasi Pengurus Kopi PDM untuk pameran dan pelatihan di berbagai tempat.

“Kami melihat pengelolaan dan manajemen kopi PDM ditata secara baik dan punya misi kedepan untuk membangkitkan ekonomi umat. Karena itu BI Sibolga telah membantu dan ke depan siap mendukung usaha Kopi PDM hingga go internasional,” ungkapnya.

Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA sebagai Direktur PDM mengatakan, usaha kopi PDM ini selain untuk menambahkan income kas PDM, juga dalam rangka mendorong dan membangkitkan para petani masyarakat sekitar untuk bercocok tanam kopi. Bahkan melalui program sosialnya PDM memberikan modal usaha kepada masyarakat secara cuma-cuma.

“Usaha Kopi PDM ini kami bangun selain untuk menambah pendapatan PDM juga punya misi sosial bagi masyarakat sekitar. Kami berharap dengan kami bangunnya usaha ini para petani Kopi di kecamatan ini terdorong untuk lebih giat bercocok tanam kopi. Sebab saat ini kopi salah satu produk pertanian yang sangat menjanjikan. Karena itu, PDM melalui program sosialnya, memberikan bantuan dana secara cuma-cuma kepada masyarakat yang sungguh-sungguh mau fokus bercocok tanam kopi. Dengan demikian PDM bukan lagi sebatas lembaga pendidikan tapi menjadi lembaga yang turut membantu kesejahteraan umat,” pungkas Jafar yang juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) yang mengelola PDM. (ran)

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads