Berita

Dana PKH Tahap III Paluta Dicairkan

FaseBerita.ID – Bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap III tahun 2019 di kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah dicairkan. Hal ini disampaikan oleh koordinator pendamping PKH Kabupaten Paluta Irdan Hidayat Harahap, Selasa (9/7/2019).

Dikatakannya, sebanyak 5.588 keluarga kurang mampu atau keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah kabupaten Paluta yang akan menerima bantuan sosial non tunai PKH) tahap III tahun 2019. “Ada 5.588 KPM di seluruh wilayah Kabupaten Paluta yang akan menerima dana PKH tahap III tahun 2019,” ujarnya.

Lanjutnya, total nilai dana PKH tahap III ini sebesar Rp6.096.425.000 dan penyalurannya dilakukan melalui rekening masing-masing KPM yang bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri.

Ditambahkannya, jumlah KPM di penyaluran dana PKH tahap III tahun 2019 ini mengalami penurunan dari jumlah KPM di tahap sebelumnya.

“Jumlah KPM di tahap sebelumnya sebanyak 5683, ditahap III mengalami penurunan menjadi 5.588 KPM,” katanya.

Penurunan jumlah peserta PKH tersebut karena ada peserta yang dikeluarkan secara alamiah (natural exit). Dan untuk penyaluran tahap selanjutnya nantinya para pendamping PKH akan melakukan verifikasi dan peninjauan serta evaluasi untuk update data seluruh KPM di Paluta.

Irdan menambahkan, proses penyaluran tahap III ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 4 Juli lalu secara berkesinambungan di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

Sekadar informasi, pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian Sosial RI menerapkan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat miskin untuk kategori balita, anak pra sekolah, anak usia pendidikan seperti SD, SMP maupun SLTA. Kemudian untuk menjamin kelancaran pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, orangtua lanjut usia (lansia), penyandang cacat atau disabilitas berat.

Untuk penyalurannya dilakukan dengan 4 tahap setiap tahunnya dengan jumlah bantuan yang berbeda disesuaikan dengan kategori masing-masing KPM. (ais)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads