Berita

Agustus 2019, Batas Waktu Pelaksanaan Dana Kelurahan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Dana Kelurahan sekitar Rp620 juta akan disalurkan ke kelurahan-kelurahan. Untuk itu setiap kelurahan diminta agar membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang nantinya mengelola Dana Kelurahan tersebut.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemko Pematangsiantar Junaidi Sitanggang saat diwawancarai, Selasa (9/7/2019) menyebutkan, seluruh Lurah harus bekerja cepat untuk membentuk Kelompok Masyarakat.

Sebab dalam pencarian Dana Kelurahan tersebut ada dua tahap pencairan dananya. Di pertengahan Agustus 2019, pelaksanaan kegiatan tahap pertama harus sudah selesai. Jika di pertengahan Agustus juga belum ada kegiatan, maka Pemerintah Pusat tidak akan mencairkan Dana Kelurahan tahap kedua.

“Jadi setiap kelurahan akan menerima Dana Kelurahan sektiar Rp620 juta. Pembagiannya Rp300 juta dari APBD dan sisanya dari Pemerintah Pusat. Nah, dana dari Pemerintah Pusat ini, tahap pertama sudah ditransfer dan uangnya sudah di Kecamatan. Makanya harus cepat dilaksanakan,” terangnya.

Juanaidi menambahkan, setelah Lurah membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas), maka nama-namannya diserahkan ke Camat untuk di SK kan. Setelah Pokmas dibentuk, maka Pokmas akan melakukan rapat dengan masyarakat untuk penggunaan Dana Kelurahan tersebut.

“Semisal ada masalah atau yang berpotensi ke ranah hukum, maka Kelompok Masyarakat ini yang bertanggungjawab,” terangnya.

Kelurahan juga tidak dibatasi untuk membentuk berapa kelompok. Bisa satu kelompok atau dua kelompok.

“Kita berharap agar Kelompok Masyarakat ini cepat dibentuk agar bisa segera bekerja,” katanya.

Adapun pengerjaan Dana Kelurahan diantaranya untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. (pra/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads