Berita

Toko Perhiasan Mentari Silver Terbakar

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Satu kios yang digunakan untuk mengolah emas dan perak menjadi perhiasan di Pasar Sangkumpal Bonang, terbakar Senin (8/7/2019) pukul 10.00 WIB.

Berkat kesigapan warga yang merupakan pedagang berhasil memadamkan api yang nyaris membakar pasar yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Tabagsel, Kota Padangsidimpuan ini.

Puluhan warga berteriak sambil berusaha membantu memadamkan api, saat toko perhiasan Mentari Silver yang berada di lantai dua Pasar Sangkumpal Bonang tampak terbakar dan mengeluarkan banyak asap, Senin (8/7/2019) pagi.

Diketahui sebelum kejadian, toko yang dikelola Ari Chaniago, warga Kota Padangsidimpuan ini sedang memadu; melebur emas dan perak untuk dijadikan perhiasan.

“Saat itu ada dua orang yang sedang bekerja memadu perak dan emas menggunakan alat yang biasa dipakai. Satu memadu dan satu mengisi bensin ke dalam tabung,” ungkap beberapa pedagang yang membantu korban.

Dan saat mengisi bensin, tiba-tiba saja api langsung menyambar dan mengenai korban. Lalu membakar bagian dalam toko yang berukuran sekitar dua kali dua meter tersebut.

“Begitu kejadian api langsung membesar dan membakar bagian dalam toko. Kami langsung menolong dengan menyiram air,” ujar beberapa pedagang panik dan khawatir kebakaran menjalar ke toko lainnya.

Beruntung, hanya hitungan menit api berhasil dipadamkan. Tak berapa lama petugas pemadam kebakaran pun datang dan ikut memastikan api tidak ada lagi.

“Alhamdulillah sudah padam. Tapi kami sangat panik, apalagi api sempat membesar dan kondisi antara toko satu dan lain berdempetan,” ujar mereka sambil membereskan lantai yang basah digenangi air.

Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan AKP Abdi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara, perwira pertama ini menyebut kebakaran disebabkan api yang berasal dari mesin gembos (alat yang digunakan untuk memadu perak dan emas).

“Masih kita lidik, korban belum bisa kita mintai keterangan karena masih berduka. Begitu juga dengan taksiran kerugian berapa banyak. Tapi Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke toko lainnya.” Tukasnya dan mengamankan alat dari toko yang diduga menyebabkan kebakaran. (yza)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads