Berita

Saluran Irigasi Nagori Kasindir Jebol; Ratusan Hektar Lahan Kekeringan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Sepanajang 30 meter dan kedalaman 15 meter saluran irigasi primer (induk) di Nagori Kasindir, Kecamatan Jorlang Hataran jebol sejak dua minggu lalu.

Akibat jebolnya saluran irigasi tersebut ratusan hektar lahan persawahan warga terancam gagal tanam.

Hal tersebut diungkapkan Pangulu Nagori Kasindir Manson Purba kepada kru koran ini di lokasi, Jumat (5/7/2019) lalu.

Menurut Pangulu jebolnya saluran irigasi ini akibat hujan deras dan hingga saat ini belum perbaikan dari Pemkab melalui dinas terkait.

“Sejak longsor langsung saya laporkan ke pihak Kecamatan dan Camat juga sudah meninjau bersama dengan pihak PSDA. Menunggu perbaikan itu, saya mengajak warga untuk memperbaiki dengan cara membuat talang agar air dapat mengalir,” ungkapnya.

Saat ini lahan persawahan warga sudah mau pembibitan, namun jika sumber air tidak ada, maka ratusan hektar lahan warga akan terancam gagal tanam.

“Harapan saya kepada Pemkab Simaluhngun agar segera memperbaikinya supaya lahan pertanian warga tidak lagi terancam ditanami,” pintanya.

A Panjaitan warga setempat yang ikut merperbaiki saluran irigasi mengharapkan agar saluran irigasi yang jebol segera perbaiki oleh pemerintah mengingat mayoritas warga Nagori kasindir adalah petani.

“Bagaimana kami mau menanam padi jika sumber air tidak ada,” keluhnya.

Sementara itu Ka.UPTD PSDA Kecamatan Jorlang Hataran Lindung Nainggolan ketika dikonfirmasi via selulernya mengatakan sudah meninjau lokasi sejak terjadi longsor beberapa waktu. Sudah kita tinjau dan langsung kita laporkan ke Pemkab. Dalam waktu dekat akan segera diperbaiki. Mungkin dalam bulan ini sudah dikerjakan,” katanya. (tom/pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads