Berita

Pilkada Siantar Belum Pasti; KPU dan Pemko Masih akan Kordinasi

FaseBerita.ID – Pilkada Kota Pematangsiantar tahun 2020 belum ada kepastian. KPU Siantar bersama Pemko Siantar masih akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Sumatara Utara dan KPU RI.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Sibarani kepada media ini, Jumat (14/6). Menurut Daniel, KPU Siantar telah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar pada Jumat (14/6) pagi.

Dalam pertemuan itu, pihak KPU Siantar menjelaskan bahwa KPU Siantar telah menerima surat dari KPU RI pada Maret 2019 lalu. Inti dari surat tersebut adalah, KPU Siantar diminta untuk melakukan koordinasi dengan Pemko Siantar dalam hal penyusunan anggaran untuk Pilkada Kota Siantar pada tahun 2020.

Surat Kemendagri

Atas surat tersebut, KPU Siantar langsung menyurati Pemko Siantar dengan tujuan untuk koordinasi. Namun surat tersebut baru direspon pada Jumat (14/6) kemarin.

Pada pertemuan itu, Sekda Budi Utari menyampaikan kepada KPU Siantar bahwa Pemko Siantar menerima surat dari Kemendagri melalui Dirjen Otda bahwa pelaksanaan Pilkada Siantar digelar pada tahun 2024. Namun surat yang dimaksud tidak ada ditunjukkan Sekda kepada KPU Siantar.

Surat KPU Siantar

“Tidak ada memang ditunjukkan kepada kami suratnya itu,” kata Daniel saat ditanyakan apakah Sekda menunjukkan surat Kemendagri tersebut.

“Makanya kita bingung, karena ada versi yang berbeda. Sehingga untuk memastikannya, KPU Siantar bersama Pemko Siantar akan bersama-sama ke KPU Provinsi Sumatera Utara dan KPU RI minggu depan,” kata Daniel Sibarani.

Disebutkan juga, jika memang Pilkada digelar pada 2020 mendatang, pihak Pemko Siantar disebutkan siap sedia menyediakan anggaran, apakah itu ditampung di P-APBD 2019 atau di APBD 2020. Pihak KPU Siantar mengajukan anggaran Rp21 Miliar untuk pelaksanaan Pilkada 2020.

“Itu hanya KPU saja. Kalau Panwas itu berbeda penganggarannya,” terangnya. (pra/esa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close