Berita

Kelulusan USBN SD di Tapsel 98,8 Persen

TAPSEL, FaseBerita.ID – Kelulusan Ujian Sekolah Berbasis Komputer, tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Tapsel baik negeri maupun swasta, mencapai angka 98,88 persen.

Hal itu, diungkapkan Kadis Pendidikan Daerah Kabupaten Tapsel, Ahmad Ibrahim Lubis, saat menyerahkan berkas pengumuman kepada Korwas yang ada di seluruh Kecamatan, Selasa (11/6/2019), di Dinas Pendidikan Tapsel, Sipirok.

“Dari 7071 peserta UNBK yang terdaftar di Tapsel, yang lulus 98.88 persen,” terangnya.

Dari angka kelulusan itu sambung Ibrahim, memang ada 86 peserta yang terdaftar, tidak lulus dengan alasan tidak mengikuti pelaksanaan USBN yang digelar pada April 2019 lalu.

“Yang tak lulus memang tak mengikuti pelaksanaan UNBK. Si anak sudah terdaftar di Kementerian, namun fakta di lapangan, sudah keluar dan tak hadir hingga pelaksanaan USBN,” terangnya.

Hal ini sebut Ibrahim, tentunya menjadi perhatian kedepan. Agar lebih menyikapi, memperhatikan dan mencari cara menyiasati kondisi data peserta didik di seluruh wilayah Tapsel. Sebab, rata-rata peserta yang telah terdaftar aktif bersekolah hingga kelas 5 dan awal kelas 6 di sekolahnya lantas berhenti. Dan, tak pernah masuk sekolah lagi hingga pelaksanaan UNBK.

“Ini menjadi perhatian kita bersama. Dan memang, ini bukan pengalaman pertama,” ujarnya.

Sementara itu Kasi Kurikulum dan Peserta Didik SD Palwina Machrani menjelaskan, tahun ini seluruh SD dan MI baik negeri maupun swasta di Tapsel diterapkan UNBK. Dimana, pada pelaksanaan tiga hari di Bulan April 2019 lalu dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sebanyak 86 peserta yang terdaftar tidak mengikuti dengan alasan tak jelas.

“Sebenarnya mereka sudah berhenti bersekolah dengan alasan pindah tempat tinggal dan berbagai alasan yang tidak jelas. Namun, telah terdaftar kepesertaannya secara nasional. Begitupun, hingga pelaksanaan tetap tak hadir juga,” terangnya.

Disampaikan, seluruh sekolah akan mengumumkan kelulusan tersebut kepada orangtua disetiap sekolah.

“Karena itu, kepada seluruh korwas agar menyampaikan hasil UNBK ini kepada seluruh sekolah dan besok pukul 14.00 hingga selesai telah diumumkan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Machrani juga menyebut, nilai rata rata dari seluruh peserta UNBK mengalami peningkatan yang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Begitupun, diakuinya, masih saja beberapa anak atau peserta yang mendapat nilai dibawah 50,00.

“Namun, anak tetap lulus, mengacu pada program wajib belajar 9 tahun,” pungkasnya. (ran)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker