Berita

Pilpanag Simalungun: Amplop Rp100 Ribu ‘Titip Salam’ dari 02

Pemilihan Pangulu Nagori Pamatang Dolok Kahean

FaseBerita.ID – Masa tenang pemilihan Pangulu Nagori serentak di 61 Nagori di Simalungun tercoreng dengan temuan dugaan politik uang.

Di Nagori Pamatang Dolok Kahean, Kecamatan Tapian, tim sukses salah satu calon tertangkap membagikan amplop berisi uang Rp100 ribu. Menurut pelaku, Boru Purba yang diinterogasi warga didampingi personel Polsek Serbelawan, dirinya bertugas untuk membagikan amplop berisi uang Rp100 ribu kepada sekitar 135 nama yang dituliskan di kertas. Amplop dibagikan dengan kata-kata titip pesan calon nomor urut 02.

Calon Pangulu Namor Urut 01 Surya Pranata Purba dan Calon Pangulu Nomor Urut 03 Hendra Safii Damanik, kepada METROSIANTAR, usai mengunjungi Kantor Bawaslu Simalungun, Selasa (11/6/2019) mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari simpatisan tentang adanya dugaan politik uang yang dilakukan tim sukses nomor urut 02.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui yang membagikan uang adalah ibu rumah tangga berinisial D Boru Purba. Setelah diinterogasi bersama seorang personel Polsek Serbelawan, D Boru Purba mengaku mendapatkan amplop berisi uang sebanyak 83 buah dari pria berisinial JP, yang merupakan salah satu perangkat nagori.

Keterlibatan JP diduga karena calon nomor urut 02 merupakan calon petahana.

“Kita mendapatkan data dan keterangan langsung yang direkam bersama barang bukti, dan sudah kita laporkan ke pengawas di kecamatan. Baik itu ke Camat, Danramil dan Polsek,” kata Surya.

Kemudian mereka mendatangi Kantor Bawaslu Simalungun, namun pengaduan mereka ditolak karena pihak Bawaslu mengatakan, soal pilpanag bukan ranah Bawaslu.

“Kita berharap pihak pengawas bertindak tegas dan memberikan sanksi kepada tim sukses serta calonnya,” kata Surya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pilpanag tingkat Kabupaten, Marolop Silalahi, mengatakan, sebagai panitia pihaknya tidak mengurusi soal money politik.

“Jika ada politik uang, itu pidana. Ranahnya kepolisian,” katanya.

Pilpanag serentak tahun 2019 ini akan digelar Rabu (12/6/2019), diikuti 216 calon pangulu. (esa)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker