Berita

Harga Daging Ayam Naik, KPPU Peringatkan Agen

FaseBerita.ID – Harga daging ayam potong menunjukkan kenaikan sekitar Rp4 ribu rupiah per kilogran menjelang hari Raya Idul Fitri 1440 H di Kota Siantar.

Kondisi ini ditemukan di Pasar Horas Pematangsiantar, Jumat (31/5) saat Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia Wilayah I mengadakan sidak.

Rombongan KPPU dipimpin Kepala Kantor Wilayah I Ramli Simanjuntak didampingi Kadisperindag Kota Siantar Zainal Siahaan.

Niki, pedagang telur ayam, kepada rombongan KPPU mengatakan, ada kenaikan harga telur Rp100 per butir dalam seminggu terakhir.

Ibu Nita, pedagang sayur mayur yang ditemui rombongan KPPU serta Disperidag Kota Siantar, menyebutkan harga sayur masih stabil kecuali cabai merah yang sudah menunjukkan kenaikan.

Sementara di pasar daging, Rajab dari UD Muda Lekerkam di Pasar Horas gedung III mengatakan harga daging sapi saat ini Rp120 ribu per kilogram. Harga itu menurut pedagang masih normal.

Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada daging ayam. Ada kenaikan berkisar Rp4-5 ribu per kilogram dalam seminggu terakhir.Kondisi ini kata pedagang, karena stok menurun.

Menanggapi kondisi ini, Kepala Kantor Wilayah I KPPU Ramli Simanjuntak mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan di peternakan besar di wilah Sumatera Utara. Dari peternak tidak ada kenaikan harga.

“Kami ingatkan para agen jangan bermain harga. Ini akan kita tindaklanjuti,”kata pria yang membawahi wilayah kerja Sumut, Sumbar, Aceh, Riau, dan Kepri ini. (esa)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker