Berita

Pengerukan Pasir di Bibir Sungai Resahkan Warga

FaseBerita.ID – Usaha pertambangan galian C diduga tanpa izin, bebas beroperasi di Jalan Anwar Idris ujung, Kelurahan Bunga Tanjung, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai. Akibatnya, disinyalir terjadi pembiaran oleh aparat terkait dengan kegiatan usaha pertambangan ilegal tersebut.

Amatan awak media ini, Rabu (15/5), di lokasi pertambangan galian C yang persisnya berada di perbatasan Tanjungbalai dengan Asahan, tepatnya di bibir Sungai Asahan, eksploitasi pengerukan pasir tanpa izin dari dasar Sungai Asahan dengan menggunakan alat berat eksavator.

Seharusnya, aktivitas pertambangan pasir yang dilakukan masyarakat perorangan ataupun berdasarkan perusahaan, telah diatur tata cara  izin operasinya.

Yang mana kewajiban utama bagi masyarakat selaku pengusaha yang menjalankan kegiatan pertambangan pasir galian C, diwajibkan memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) yang diterbitkan oleh pemerintah.

Tetapi faktanya di lapangan, pertambangan pasir galian C yang berlokasi di Jalan Anwar Idris Ujung ini melakukan operasinya di bibir Sungai Asahan tanpa memikirkan akibat dari ulah mereka (pengusaha). Padahal, ini bisa mengakibatkan erosi di bibir sungai.

Anehnya, kegiatan usaha tanpa mengantongi izin resmi dari pemerintah ini terkesan dibiarkan oleh aparat kepolisian dan pemerintah daerah setempat.

Sementara, akibat dari pertambangan pasir galian C ini, sudah banyak  keluhan masyarakat yang bermukim di sepanjang Jalan Anwar Idris.

Seperti penuturan salah seorang masyarakat, Herman warga Kelurahan Bunga Tanjung Link IV kepada wartawan, Rabu (15/5) mengatakan, akibat dari lalu lalangnya truk bermuatan pasir di sepanjang Jalan Anwar Idris, pasirnya berceceran.

“Sehingga jalan yang dipenuhi pasir tadi berterbangan masuk ke mata kita di kalau melintasi jalan itu,” ujarnya.

Sayangnya, sampai berita ini diterima redaksi, tidak satupun aparat penegak hukum yaitu Polres Tanjungbalai yang bisa dikonfirmasi terkait dengan kegiatan usaha pertambangan pasir galian C yang berlokasi di perbatasan Tanjungbalai dengan Asahan ini. (ck-04/ahu)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker