Berita

PKL Pasar Horas Ditata Ulang

FaseBerita.ID – Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) menyurati seluruh pedagang kaki lima pelataran gedung Pasar Horas. Surat tersebut bertujuan untuk dilakukannya pengukuran luas atau penataan kembali bagi pedagang.

Surat dengan dengan nomor 511.3/860/PDPHJ/V/2019 tertanggal 3 Mei 2019 ini disampaikan kepada pedagang berdasarkan Peraturan Direksi nomor 2 tahun 2015 Tentang Pedoman Pelayanan Pasar pada Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya.

Yang mana dalam pasal 3 disebutkan bahwa objek kontribusi pasar adalah setiap pemanfaatan pasar yang berupa pelataran,kios, loods, rumah toko yang disediakan oleh PDPHJ.

Kemudian dalam pasal 6 disebutkan bahwa tingkat penggunaan jasa pelayanaan pasar diukur berdasarkan jumlah tempat berjualan/usaha, kelas dan jenis jualan seperti yang telah ditetapkan dengan keputusan walikota.

Toga Sehat Sihite selaku Direktur Keuangan PD-PHJ ketika diwawancarai membenarkan surat edaran itu benar adanya dan menjelaskan perihal surat edaran.

“Benar, kita sudah memberikan surat edaran kepeda para pihak pedagang kaki lima dan surat edaran itu kita berikan pada tanggal 3 Mei dan sudah mulai kita lakukan pengukuran secara perlahan,” terangnya.

Toga menambahkan kalau pihak PD-PHJ tidak ada menaikkan retribusi.

“Kita hanya menata dan mengukur ulang sesuai prosedur yang berlaku. Kalau sesuai prosedur kontribusi yang dikutip dari pedagang hanya Rp1.800 / meter, itupun rinciannya Rp1.000 untuk kontribusi dan Rp800 untuk kebersihan. Kalau sesuai prosedur yang berlaku kalau pengutipan kontribusi ada batasan jamnya dari Pukul 06.00-12.00 WIB, Pukul 12.00-18.00 WIB dan yang malam,” tambahnya.

Toga menyebutkan, pihak PDPHJ hanya mengukur dan mendata kembali berapa luas yang sebenarnya para pedagang harus gunakan.

“Kalau luas sebenarnya hanya 2 X 2 meter saja. Tetapi kalau mereka lebih menggunakan dari situ mereka harus membayar biaya tambahan ke PD-PHJ. Kalau untuk penggusuran tidak akan digusur,” tegas Toga.

Toga berharap kepada seluruh pedagang harian atau kaki lima untuk bisa bekerja sama dengan tim pengukuran dan penataan dan penetapan kontribusi harian yang telah ditetapkan oleh PDPHJ demi ketertibkan dan kenyamanan tempat berjualan.

Toga menambahkan, dari pengukuran yang sedang berjalan, pihaknya menemukan sejumlah pedagang yang menggunakan lahan melebihi yang sudah disepekati sebelumnya. Sehingga perlu ada penataan kembali demi kepentingan pedagang dan PDPHJ. (mag04/pra)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker