Berita

Banjir Terjang Tarutung Baru: 3 Rumah Hanyut, 5 Rusak Parah

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Banjir menerjang Desa Tarutung Baru dan sekitarnya di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (15/5) dini hari. Akibat dari kejadian tersebut, delapan rumah mengalami rusak parah dan tiga di antaranya hanyut dibawa air.

Informasi dihimpun, sebelum terjadi banjir, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah di Kota Padangsidimpuan termasuk Desa Tarutung Baru dan sekitarnya yang berada di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Delmeria, warga sekitar mengatakan, peristiwa itu terjadi Rabu (15/5) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, warga belum banyak yang tidur karena kondisi hujan yang cukup deras dan kuat.

“Kalau hujannya berlangsung sejak Selasa (14/5) malam dan berlanjut hingga dini hari. Kami masih banyak yang tidak tidur karena hujan sangat deras,” tukasnya dan mengaku rumahnya mengalami rusak para akibat diterjang air.

Tiba-tiba saja, katanya, sekitar pukul 04.00 WIB, air datang dengan deras dan kencang dari areal perbukitan yang ada di bagian atas perumahan warga sekitar. Mengetahui situasi tersebut, warga pun berlarian dan berusaha menyelamatkan diri.

“Kalau untuk korban jiwa mudah-mudahan tidak ada. Tapi kalau kerusakan materil, ada beberapa rumah yang rusak dan ada juga yang sampai habis terbawa banjir,” sebutnya.

Sementara Kalaksa BPBD Kota Padangsidimpuan Ali Ibrahim Dalimunthe mengatakan, pihaknya bersama petugas dari TNI dan Polri, sampai saat ini sudah mendirikan tenda dan dapur darurat untuk para korban dan warga yang terdampak.

“Kami sampai saat ini sedang melakukan pembersihan material dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ungkapnya dan melakukan normalisasi terhadap saluran irigasi yang rusak akibat banjir bandang yang merusak pemukiman Warga.

Untuk rumah yang rusak, kata Ali, butuh proses untuk memperbaiki dan hal lainnya. Pihaknya fokus membersihkan lumpur dan material yang dibawa banjir.

“Kami fokus pembersihan dulu. Dan, membantu warga yang korban dan terdampak.” Tukasnya dan sudah menyiapkan sejumlah alat berat di lokasi.

Air PDAM Terkendala

Direktur PDAM Tirta Ayumi Ir H Husni Thamrin Nasution mengimbau kepada pelanggan untuk bersabar apabila ada gangguan penyaluran di sekitar Kecamatan Psp Tenggara akibat peristiwa banjir bandang.

Menurutnya, petugas dari PDAM Tirta Ayumi sudah turun ke lapangan memeriksa kerusakan pipa distribusi.

“Kita prihatin dengan peristiwa ini. Semoga keluarga yang menjadi korban akibat peristiwa ini dapat menerima ujian ini. Untuk para pelanggan, kita berharap untuk bersabar apabila ada air yang macet, itu dikarenakan perbaikan pipa distribusi akibat banjir,” katanya. (yza/bsl)

Topik

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker