Berita

KPU Siantar Lapor ke KPU RI Kekurangan Surat Suara Sebanyak 2.863

SIANTAR, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Pematangsiantar memastikan jumlah surat suara legislatif DPR RI, Provinsi dan Kota mengalami kekurangan sebanyak 2.863. Dan ini masih di luar kebutuhan surat suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Daerah  (DPD).

Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Sibarani mengatakan, kekurangan ini akibat adanya surat suara rusak sebanyak 647. Kerusakan ini diketahui usai surat selesai disortir seluruhnya. Kemudian muncul lewat hasil Daftar Pemilih Tambahan (DPTb 2).

“Surat suara yang telah disortir dan dilipat sebanyak 549.889,” katanya, Senin (4/3) saat dijumpai di kantornya, Jalan Porsea, Kecamatan Siantar Barat.

Sementara yang dinyatakan baik atau dapat dipergunakan, kata Daniel Sibarani, sesuai mekanisme yang ada sebanyak 549.242. Menurutnya, kerusakan surat suara lebih banyak dari tingkat DPR RI.

“Ini sudah kita laporkan ke KPU RI agar segera dilakukan pengiriman tambahan,” ucapnya dengan menambahkan bahwa surat suara DPD dan Capres-Cawapres diperkirakan akan tiba tanggal 8 Maret 2019 ini.

Untuk surat suara yang rusak saat ini telah diamankan di kantor KPU Pematangsiantar dan pihak KPU menunggu petunjuk teknis bagaimana penanganan surat suara tersebut atau kapan dikirimkan ke KPU RI.

“Laporan akan kita sampaikan ke pusat hari ini. Yang penting yang rusak telah kita amankan dan tidak ada masalah di situ,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Daniel Sibarani memberikan rincian dasar kekurangan surat suara yaitu jumlah kebutuhan sesuai DPTHP-2 sebanyak 549.105.

Jumlah yang diterima sesuai BTTB sebanyak 551.044, kurang dari pengiriman sebanyak 1.155 dan kebutuhan sesuai DPTHB-2  1.061.

“Makanya total yang kurang 2.863,” ucapnya.

Disebutkan, sejauh ini tidak ada kendala untuk pelaksanaan pemilihan umum. Sedangkan tugas yang hendak dikerjakan dalam waktu dekat adalah meningkatkan koordinasi dari KPU RI dan KPU Provinsi terkait penetapan teknis rapat terbuka bagi peserta pemilu.

“Kalau untuk surat suara Capres-Cawapres dan DPD dikirim langsung kita sortir dan lipat,” tutupnya. (pam/pra)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads