Berita

Nama Abdullah Eteng Diusulkan Sebagai Nama Jalan di Asahan

KISARAN, FaseBerita.ID – Wacana pengusulan nama Abdullah Eteng yang merupakan mantan Bupati Asahan pertama agar diabadikan namanya sebagai salah satu jalan di Kabupaten Asahan, mendapatkan dukungan dari Rosmansyah STP selaku anggota DPRD Asahan dari Partai PDI Perjuangan.

“Saya, memandang bahwa penempatan nama Abdullah Eteng sebagai nama jalan di Asahan merupakan bentuk dari penghargaan kepada pengabdian beliau sebagai salah satu pemimpin Asahan di masa lampau,” jelas Rosmansyah kepada Metro Asahan, Jumat (1/3), saat dimintai keterangannya.

Penamaan ini, sambungnya, dapat membangun spirit pengabdian yang selalu Abdullah Eteng gelorakan ketika memimpin Kabupaten  Asahan, di awal Republik Indonesia berdiri. “Saya menyambut baik. Semoga dengan penamaan tersebut kita dapat terus mengenang beliau dan namanya akan tetap diingat oleh generasi berikutnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, wacana pemberian nama jalan untuk Abdullah Eteng yang menjabat sebagai Bupati Asahan pada periode 1958-1963 ini, diusulkan Puteri Atikah sebagai perwakilan keluarga almarhum. Puteri merupakan cucu dari Abdullah Eteng sendiri dan menjabat sebagai tim pengusulan nama. Dikutip dari salah satu sumber media, Putri sendiri dalam waktu dekat akan menyurati Bupati Asahan terkait pengusulan itu.

Menurutnya, penamaan Jalan Abdullah Eteng pada salah satu jalan pada Kabupaten Asahan, bisa menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menghargai sejarah. Pengalaman almarhum Abdullah Eteng di bidang politik sempat berkiprah menjadi beberapa pejabat publik di antaranya,  pernah menjabat Ketua DPD Partai Nasional Indonesia (PNI) Sumut periode 1968-1973, dan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut periode 1973-1981, serta menjadi anggota DPR RI 1977-1982. (per/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads