Berita

Jaga Kekondusifan Jelang Pemilu

TAPTENG, FaseBerita.ID – Jelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019, masyarakat Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diimbau untuk tetap menjaga kekondusifaan yang selama ini sudah terjaga dengan baik. Perbedaan pendapat dalam memilih para calon pemimpin diharapkan tidak menimbulkan pergesekan ditengah-tengah masyarakat, khususnya kaum muda.

Hal ini disampaikan tokoh pemuda Kecamatan Sibabangun, Desjan Sipahutar, Jumat (1/3).

“Mari kita jaga kekondusifan wilayah Kecamatan Sibabangun yang selama ini telah terbina dengan baik. Perbedaan pendapat adalah sebuah kewajaran, namun jangan sampai melibatkan permasalahan sara,” harap Desjan.

Menurutnya, tingkat keruku­nan antar umat beragama sudah berjalan dengan bagus dan terjalin dengan sangat baik. Ia menilai, jika hanya gara-gara berbeda pilihan kerukunan antar ummat beragama menjadi berantakan, sungguh merupakan sebuah hal yang patut disesali.

“Sangat mahal harganya. Sangat tidak bisa kita bayangkan jika hanya gara-gara Pemilu, keharmonisan itu menjadi berantakan. Hal ini tidak boleh terjadi,” tegas Wakil Sekretaris PAC IPK Kecamatan Sibabangun ini.

Sebagai bagaian dari pagar bangsa, Desjan menegaskan pihaknya akan selalu berada pada barisan terdepan, untuk menjaga dan mengawal keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Sibabangun sehingga masyarakat tetap hidup berdampingan. Struktur penduduk Kecamatan Sibabangun yang majemuk, yang dihuni multi etnis, suku, agama, harus selalu hidup berd­ampi­ngan dengan rukun dan penuh toleransi.

Kepada masyarakat, khususnya para pemuda, Desjan menghimbau agar menolak dan melawan politik uang dan penghinaan terhadap seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau peserta pemilu yang lain, serta penghasutan dan adu domba dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

“Tentukan pilihan secara cerdas berdaskan kualitas calon. Tolak politik uang dan sara, karena itu akan mencederai integritas dan kedaulatan rakyat,” pungkasnya. (ztm)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads