Berita

Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Berlumpur

PALUTA, FaseBerita.ID – Kondisi Jalan Menuju Dusun Pardomuan, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sepanjang 3 kilometer jika turun hujan mirip seperti kubangan kerbau dan juga sirkuit offroad.

Warga setempat selalu bergotong royong memperbaiki jalan berlumpur sepanjang 3 Km supaya bisa dilintasi sebelum dilakukan perbaikan dari pemerintah setempat.

Salah satu warga Arif Harahap mengaku, ia ikut bergotong royong memperbaiki jalan itu karena sudah jenuh menanti adanya perhatian dari pemerintah. Padahal kondisi jalan rusak ini sudah puluhan tahun lamanya.

“Infonya jalan ini akan dibangun tahun ini. Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda adanya akan dilakukan pembangunan. Sehingga kami bergotong royong dengan menimbun dan membuat saluran air supaya jalan ini tidak becek dan berlumpur,” katanya.

Katanya bila turun hujan, kondisi jalan ini sangat sulit d lalui. Selain berlumpur badan jalan digenangi air. Jika tidak dilakukan gotong royong untuk memperbaikinya warga tidak bisa melintas keluar dari desa untuk mengangkut hasil pertaniannya.

“Kami berharap kepada pemerintah supaya secepatnya melakukan pembangunan. Sudah puluhan tahun jalan ini tidak pernah tersentuh pembangunan. Apabila terus dibiarkan seperti ini, maka daerah kami ini akan terisolir dan tertinggal dari daerah lainnya yang ada di Kabupaten Paluta,” harapnya.

Senada, Rizal Siregar menuturkan, dengan terpaksa selama puluhan tahun lamanya mereka harus pasrah untuk melewati jalan tersebut. Parahnya, saat musim hujan masyarakat harus berjalan kaki karena tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda dua.

”Kalau hujan jalan ini sangat parah, kami terpaksa harus berjalan kaki karena tidak bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Sebelumnya, Camat Halongonan M Kaddafi Nasution mengatakan, pihaknya juga prihatin melihat kondisi jalan tersebut dan mengaku kalau pemerintah kecamatan dan kabupaten sudah menerima usulan dari masyarakat Pardomuan di saat musrenbang Kecamatan.

“Buruknya jalan akses jalan ini menjadi bahan evaluasi kami, kita akan usahakan di 2019 sudah terbangun,” ucapnya.

Kepala Dinas PU Paluta H Ramlan ST melalui Kabid Bina Marga M Nuh Pulungan mengatakan bahwa jalan menuju Dusun Pardomuan, Kecamatan Halongonan akan segera dibagun dan saat ini masih tahap peninjauan. “Jika tidak ada kendala, akan segera dilakukan pembangunan di tahun ini,” pungkasnya. (ais)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker