Berita

Sekar PT Telkom Gelar Donor Darah

FaseBerita.ID – Serikat Karyawan (Sekar) PT Telkom mengadakan donor darah dalam rangka memeringati hari ulang tahun ke-19, Jumat (1/3) di Kantor Telkom Daerah Pematangsiantar, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Sekretaris DPD Sekar Telkom Sumut Hotner Panggabean mengatakan, kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin Serikat Karyawan PT Telkom.

“Ini bentuk kepedulian kepada masyarakat, dalam wujud sumbangan darah. Kita berharap setetes darah yang kita donorkan dapat menyelamatkan nyawa sesama,” kata Hotner.

Sementara Kepala PMI Cabang Siantar dr Rajin Saragih dan Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga menyampaikan apresiasi kepada Serikat Karyawan PT Telkom Pematangsiantar.

“Kita sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang rutin dan aktif mendonorkan darah. Kegiatan ini sangat membantu PMI untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah Siantar dan Kabupaten Simalungun,”kata dr Rajin Saragih.

Dijelaskan Rajin Saragih, masih banyak masyarakat yang tidak mengerti proses pelaksanaan donor darah di PMI serta biaya yang harus dibayarkan.

“PMI memberlakukan service cost yang berlaku secara Nasional. Biaya proses pengolahan darah saat ini Rp360 ribu per kantong. Jadi bukan biaya beli darah,” kata Rajin Saragih.

Darah yang didonorkan secara gratis, lanjut Rajin Saragih, membutuhkan proses pengolahan, pemeriksaan dan penyimpanan. Biaya tersebutlah yang harus dibayarkan oleh pasien, baik itu darah stok PMI yang berasal dari kegiatan donor maupun darah dari pendonor yang langsung dibawa keluarga pasien.

Ditambahlan Dr Rajin, kualitas darah yang disimpan oleh PMI dengan darah yang baru didonorkan, sama. Sepanjang waktu penyimpanan masih dalam rentang yang dibenarkan, yakni 28 hari.

“PMI Siantar memiliki peralatan yang cukup untuk menyimpan dan mempertahankan kesegaran darah,”katanya.

Sementara dr Abadi Sinaga menambahkan, hasil kegiatan donor Serikat Karyawan PT Telkom berhasil mengumpulkan 19 kantong darah. Sementara sehari sebelumnya, TNI di Rindam I/BB Pematangsiantar juga melakukan donor darah dan berhasil mengumpulkan 49 kantong darah. (esa)

Tags

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker