Berita

Kemenag Bikin Inisiasi Baru: Pelunasan BPIH Tidak Perlu ke Bank

FaseBerita.ID – Calon jamaah haji (CJH) tahun ini bakal lebih mudah dalam melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Saat ini Kemenag menyiapkan inovasi pembayaran non-teller.

Dalam inovasi tersebut, CJH tidak harus datang ke bank dan menyerahkan uang ke teller untuk melunasi BPIH. Kemenag berharap cara pelunasan BPIH non-teller itu bisa meningkatkan serapan kuota haji.

Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Kemenag Abdul Hanif menuturkan, tahun ini merupakan permulaan penerapan pelunasan BPIH non-teller. Karena itu, belum seluruh bank penerima setoran (BPS) uang muka BPIH menerapkan sistem pelunasan non-teller. “Rencana tahun ini ada tiga bank yang memberikan layanan tambahan non-teller (pelunasan BPIH, Red),” ujarnya kemarin (28/2).

Tiga bank yang sudah melakukan uji coba sistem pelunasan non-teller adalah Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, dan BRI Syariah.

Sistem pelunasan BPIH non-teller merupakan inisiatif Kemenag. “Dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan (kepada calon jamaah haji, Red),” kata Hanif. Meski begitu, inisiatif tersebut tidak bisa berjalan tanpa ada kerja sama dengan BPS BPIH.

Hanif menambahkan, sampai saat ini sistem pelunasan non-teller terus diuji coba oleh bank. Namun, Kemenag optimistis sistem baru tersebut berlaku tahun ini. Kemenag juga sudah menjadwalkan pelunasan BPIH tahun ini dimulai 5 Maret. Namun, itu tetap harus menunggu terbitnya keppres.

Terkait teknis atau mekanisme pelunasan non-teller, Hanif belum bisa berkomentar banyak karena masih dipersiapkan bank.

Kemungkinannya, pelunasan berbasis ATM, internet banking, atau mobile banking dengan memasukkan nomor porsi, kemudian muncul nominal kekurangan BPIH yang harus dilunasi. Selanjutnya, CJH atau yang mewakili tinggal membayar.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BNI Syariah Rima Dwi Permatasari mengatakan, pelunasan BPIH dengan layanan non-teller di BNI Syariah menggunakan BNI Mobile Banking, bukan ATM. Pelunasan BPIH melalui BNI Mobile Banking dilakukan dengan memilih menu pelunasan haji reguler. “Setelah melakukan pelunasan melalui mobile banking, nasabah bisa langsung melaporkan kepada Kemenag setempat dengan membawa bukti pelunasan,” jelasnya.

Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Indri Tri Handayani mengatakan, mekanisme pelunasan di BRI Syariah saat ini adalah melalui mobile BRI Syariah dan internet banking. “Tahun ini dikembangkan (lewat ATM), tapi untuk pelunasan tahun depan,” paparnya. (jp)

Topik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker