Berita

Jika Belum Bersertifikasi Narasumber Boleh Tolak Diwawancarai Wartawan

ASAHAN, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan saat ini mendukung penuh penyelenggaraan profesionalitas kompetensi di kalangan wartawan, khususnya yang bertugas di wilayah Asahan. Dukungan ini dibuktikan dengan penyelenggaraaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Maret 2019 mendatang. H Rahmad Hidayat Siregar selaku Kepala Dinas Kominfo Asahan mengungkapkan, dukungan Pemkab untuk mengangkat citra profesionalitas sangat serius, mengingat potensi wartawan sebagai corong informasi suksesnya pembangunan pemerintah ke masyarakat.

“Bentuk dukungan penuh dari Pemkab Asahan ini juga sebelumnya telah disampaikan oleh Bupati Asahan dengan memberikan fasilitas Uji Kompetensi Wartawan, yang mana penyelenggaraannya Pemkab bekerjasama dengan PWI,” kata Rahmad Hidayat saat membuka sosialisasi UKW di Nada Resto Kisaran, yang digelar oleh  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan, Senin (25/2).

Hidayat juga menambahkan, dengan dibukanya peluang UKW untuk wartawan khususnya di Kabaupaten Asahan ini, dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya oleh insan pers dalam rangka memenuhi syarat kompetensi kewartawanan yang telah ditetapkan oleh dewan pers. “Setelah ini (UKW), untuk aturan kerjasama media dengan pemerintah kabupaten, kita akan merujuk pedoman dewan pers bahwa Pemkab Asahan akan bekerjasama dengan media yang wartawannya telah berkompeten,” kata Hidayat.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut H Hermasjah melalui Wakil Ketua Rizal Surya dalam kesempatan yang sama menjelaskan, ke depan seluruh wartawan harus memiliki sertifikasi, dan narasumber bisa menolak wawancara wartawan yang belum memiliki sertifikat kompeten.

“Uji kompetensi ini merupakan kebutuhan dari wartawan itu sendiri dan media tempat di mana yang bersangkutan bekerja. Saat ini, dewan pers akan menerapkan aturan bahwa semua narasumber bisa menolak diwawancara jika tak lulus UKW atau belum berkompeten,” ungkapnya.

PWI Sumut dalam kesempatan itu juga mengapresiasi dukungan dan partisipasi dari Pemkab Asahan yang telah memberikan fasilitas penyelenggaraaan UKW kepada wartawan, khususnya yang berasal dari Kabupaten Asahan. “Jadi peluang UKW ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh wartawan. Harus ikut, jangan takut dengan UKW. Kami dari PWI Sumut juga mengucapkan terimakasih atas kontribusi dari Pemkab Asahan atas gelaran UKW ini,” ucapnya.

Sementara, Ketua PWI Sumut Indra Sikoembang mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab dalam mensukseskan UKW yang pertama kali digelar di Asahan. “Kami sangat meyambut baik kehadiran UKW ini. Sebagai kebutuhan. Kendati pendaftaran UKW saat ini belum memenuhi jumlah kouta yang disediakan,” ujarnya. (per/ahu)

Tags

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads