Berita

Inilah Usulan Pembangunan di Pinangsori

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pemerintahan Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di aula pertemuan Kecamatan Pinangsori, Senin (25/2).

Tujuannya untuk dapat menyusun prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Pinangsori, yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa dan Kelurahan.

Camat Pinangsori Pahala Nababan SH, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Musrenbang dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN), yang mana hasil Musrenbang akan menjadi acuan penyusunan rencana pembangunan di Kecamatan Pinangsori untuk tahun 2020.

“Usulan yang akan kita ajukan, menjadi dasar penyusunan rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun 2020 nanti,” sebutnya.

Dengan diadakannya kegiatan Musrenbang kali ini, Pahala berharap, bisa memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan, yang berasal dari masyarakat tingkat Desa dan Kelurahan, serta menjadi skala prioritas pembangunan lintas desa dan kelurahan untuk tahun 2020 mendatang.

”Disamping merumuskan dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan, juga sebagai upaya mendorong kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan secara utuh. Tidak boleh muncul ego sektoral dan ego wilayah dalam menentukan prioritas dalam kegiatan pembangunan,” tegasnya.

Sementara, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah, Ferdinan Sianipar SS ME, mengatakan, hasil usulan Musrenbang Kecamatan akan disampaikan dan dibahas lebih lanjut pada Musrenbang Kabupaten, yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2019.

Disampaikannya, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Tapteng akan memprioritaskan pembangunan industri pertanian, industri kelautan, perikanan, perkebunan, pariwisata, serta peningkatan pelayanan dasar yakni, pendidikan, infrastruktur, penataan ruang, perumahan dan ketertiban umum.

Beberapa prioritas usulan Kecamatan Pinangsori rencana pembangunan tahun 2020 diantaranya, pembangunan parit (drainase) sepanjang 500 meter di Kelurahan Sorinauli, Pembangunan gorong-gorong 48 paket di Sitonong Bangun, pembukaan jalan Mekar Sari Sitonong Bangun 220 meter.

Pembangunan plat beton 18 meter lingkungan III Sitonong Bangun, pembangunan drainase lingkungan IV menuju Lingkungan IX Kelurahan Pinangsori, pembangunan jalan menuju kuburan lama Kelurahan Pinangbaru, rehabilitasi kantor Lurah Pinangbaru, pembangunan rumah tidak layak huni 34 unit di Kelurahan Pinangbaru.

Selanjutnya, pembangunan Kantor Kelurahan Albion Prancis, peningkatan jalan keliling (hotmix) SMAN Pinangsori 2.400 meter, pembangunan drainase 2.600 meter di Kelurahan Albion Prancis, pembangunan kantor kepala desa Danau Pandan, Pembangunan puskesmas pembantu Desa Danau Pandan, pembangunan RKB 5 unit SDN Danau Pandan, Pamsimas di Desa Danau Pandan, peningkatan jalan 4.000 meter Dusun 1 Desa Parjalihotan, Pembangunan drainse 1.000 meter Dusun II Perjalihotan, pembangunan jalan rabat beton 600 meter Dusun III Parjalihotan.

Kemudian, pembangunan jalan dari Dusun I menuju Dusun III 3 km Desa Sihaporas, normalisasi sungai Lukbon Desa Sihaporas, pembangunan saluran irigasi 1.000 meter di Desa Gunung Marijo, pembangunan balai pertemuan Desa Gunung Marijo, pembangunan rumah layak tidak huni 40 unit di Desa Gunung Marijo, peningkatan jalan hotmix menuju Dusun III Toga Basir, rehabilitasi ruang kelas SDN Toga Basir. (ztm)

Tags

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads