Berita

PLTA Jauh Lebih Hemat dan Aman

TAPSEL, FaseBerita.ID – Gagasan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), termasuk Batangtoru, adalah untuk menggantikan bahan bakar fosil. Sebab, ketersediaan fosil semakin lama semakin berkurang. Dan, diyakini, PLTA menggunakan biaya operasional yang relatif lebih rendah.

Hal ini diutarakan Senior Advisor Lingkungan PT NSHE, Dr Agus Djoko Ismanto (Adji), Jumat (22/2) lalu. “Ini bukan untuk kepentingan hari ini, tapi untuk anak cucu kita,” ujarnya seraya menyebut total nilai proyek pembangunan PLTA Batangtoru sendiri USD1,6 Miliar.

Dikatakannya, dari sisi kualitas misalnya, PLTA bisa dipastikan bertahan minimal 30 tahun. Setelah 30 tahun dioperasionalkan, PLTA ini akan menjadi aset negara. Karena kontraknya bersifat build-operate-transfer (BOT) yang harus dikembalikan ke negara.

Senior Executive for External Relations PT NSHE, Firman Taufick menyampaikan, Indonesia memiliki sumber energi terbarukan berupa panas matahari, air, angin, bioenergi, dan panas bumi. Dan diperkirakan, potensi sumber energi dari air mencapai 75 ribu MW di seluruh Indonesia. Lantas,

Pemerintah telah menargetkan, bauran dari energi terbarukan dapat mencapai 23 persen dari total sumber energi pada 2030. Tentunya kehadiran PLTA Batangtoru, untuk mengurangi peran Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada saat beban puncak di Sumut.

Dari sisi ekonomi, dengan memakai sumber energi air maka pemerintah bisa menghemat pengeluaran devisa hingga USD 400 juta per tahun karena tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Sedangkan dari sisi lingkungan, PLTA Batangtoru, yang merupakan pembangkit energi terbarukan, juga berkontribusi besar mengurangi emisi karbon nasional yang penting. Dengan begitu mencegah dan memerangi dampak perubahan iklim yang sedang menjadi ancaman dunia.

Ditambahkan, dari hasil Kajian Pustaka Alam, menunjukkan PLTA Batangtoru dapat mengurangi emisi gas rumah kaca mencapai 1,6 – 2,2 juta metrik ton CO2 atau 4 persen target sektor energi Indonesia pada 2030. (ran)

Topik

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker