Berita

APK Caleg Langgar Prinsip Lingkungan Hidup

TAPTENG, FaseBerita.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tapanuli Tengah diminta memberikan sanksi tegas kepada calon legislatif (Caleg) yang maju dalam Pemilu 2019 yang terbukti memasang alat peraga kampanye (APK) di pepohonan di daerah tersebut.

Salah seorang pemerhati lingkungan hidup di Kabupaten Tapanuli Tengah, Bobby Sulaiman (42) mengatakan, penempelan poster caleg di pepohonan sudah mengganggu estetika atau keindahan dan sosialisasi berbentuk poster itu sudah melanggar prinsip-prinsip lingkungan hidup. ”Melakukan sosialisasi melalui pemajangan poster sah-sah saja, sepanjang selaras dengan prinsip-prinsip lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak melakukan pencemaran dan tidak memaku pohon. Selain merusak keindahan, juga akan merusak pohon itu sendiri,” ujar Bobby, Minggu (24/2).

Menurut Bobby, oknum yang memanfaatkan pohon sebagai sarana sosialisasi, komitmennya terhadap lingkungan hidup perlu dipertanyakan, sebab sebagai mahluk hidup jika dirusak pohon akan mati dan lingkungan sekitar akan menjadi gersang. “Kepada warga masyarakat, mari untuk tidak memilih caleg perusak lingkungan. Belum lagi menjadi anggota legislatif, caleg yang bersangkutan telah mempertontonkan aksi tidak terpuji,” tukasnya.

Oleh karena itu Bobby berharap, caleg, publik figur maupun pejabat lainnya yang akan mensosialisasikan diri melalui poster ataupun stiker, agar tidak merusak pohon-pohon pelindung yang sengaja ditanam untuk menambah kenyamanan dan keindahan jalan. ”Kita berharap, setiap individu yang ingin mensosialisasikan diri tidak memanfaatkan pohon-pohon pelindung sebagai sarana promosi. Jangan mentang-mentang banyak duit, seenak jidatnya saja memaku pohon-pohon,” pungkas Bobby dengan nada geram.

Bobby menegaskan, dia setuju pemberian sanksi berupa pembatalan penetapan Caleg kepada Caleg yang telah melanggar aturan pemasangan APK seperti memasang di pepohonan. “Sehingga di kemudian hari tidak ada lagi pelanggatan tersebut. Kalau berani melakukan, Bawaslu Tapteng tentu akan menjadi bawaslu percontohan, karena berani bertindak tegas terhadap caleg,” tandasnya. (ztm/rb)

Topik

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker