Berita

186 Kepala Keluarga Terima Program Bedah Rumah 

SIANTAR – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman (PRKP) Pemerintah Kota Pematangsiantar akan melaksanakan program bedah rumah untuk anggaran tahun 2019. Total yang akan dibedah sekitar 186 rumah di empat Kelurahan.

Adapun empat kelurahan tersebut, pertama Kelurahan Martoba 60 rumah, Kelurahan Bantan 50 rumah, Kelurahan Basorma 50 rumah dan Kelurahan 26 rumah di Kelurahan Aek Nauli. Hal ini disampaikan Kepala PKPR Reinward Simanjuntak melalui Kepala Seksi Bina Konstruksi Perumahan Dinas PRKP Pematangsiantar Eva Imelda Sihombing ST MSi.

Untuk mendapatkan bantuan ini tentu ada syaratnya. Pertama, masyarakat harus memiliki rumah sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat dari kelurahan. Kedua, rumah tersebut harus benar- benar tidak layak huni. Ketiga, berpenghasilan rendah, serta memiliki KTP dan KK.

Anggaran bedah rumah ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2019 melalui Kementerian PUPR. Saat ini, pengerjaannya tinggal menunggu petunjuk teknis dari Kementerian PUPR.

“Seharusnya, program bedah rumah tahun 2019 di Kota Pematangsiantar sudah selesai. Namun, karena di Pematangsiantar masih banyak kawasan kumuh maka untuk tahun depan, kita mengajukan kembali,” jelasnya.

Menurut Eva, untuk melakukan pendataan penerima program bedah rumah adalah masyarakat miskin. Dan harus masuk dalam SK kawasan kumuh di Kota Pematangsiantar. Tim dari Dinas PRKP Kota Pematangsiantar akan turun langsung ke lokasi.

Dijelaskan, sebanyak 22 kelurahan di Kota Pematangsiantar masuk dalam kawasan kumuh berdasarkan Surat Keterangan (SK) Wali Kota Pematangsiantar. Di antarannya, Kelurahan Banten, Bah Sorma, Martoba, Aek Nauli dan lainnya.

“Kita berharap ada dukung dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kota Pematangsiantar, yang bisa membantu program bedah rumah. Agar, tidak hanya kawasan kumuh yang mendapat program bedah. Karena, di luar kawasan kumuh juga masih ada yang harus dibedah,” jelasnya. (pam/pra)

Topik

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker