Berita

19 ABK Ditemukan Selamat

SIBOLGA, FaseBerita.ID – KM Formosa 12 yang dikabarkan hilang kontak pada Selasa (5/3) telah berhasil ditemukan di sekitar perairan Pulau Masin, Nias Selatan, Rabu (6/3) sekira pukul 11.30 WIB. Sebanyak 19 Anak Buah Kapal (ABK)-nya juga ditemukan dalam keadaan selamat.

Adapun ke-19 ABK itu antara lain, Sumaidi Situmeang yang merupakan nakhoda kapal, Ransen Sianipar (KKM), Paung Manalu dan Budi Sianipar. Kemudian, Charles Purba, Darmansyah Sipahutar, Parman Manullang, Jansen T Nainggolan, Peres Manurung, Candra Situmorang, Joriman Nainggolan dan Fajel H. Nainggolan. Junaidi Gulo, Anto Hutabarat, Candra Silaban, Alen Panggabean, M Arifin Sitinjak, Saprudin Hutagalung dan Hendri P Hutagalung.

Sebelumnya sempat dikabarkan, hanya 17 ABK yang berhasil ditemukan selamat. Sementara 2 ABK lainnya, yakni Saprudin Hutagalung dan Hendri P Sutagalung dinyatakan hilang. Namun, beberapa jam kemudian, keduanya ditemukan dalam keadaan selamat.

“Pada Selasa tanggal 5 Maret 2019 berdasarkan keterangan dari pihak keagenan kapal KM Formosa 12 menyampaikan pada pukul 16.30 WIB masyarakat nelayan Desa Moawe telah menemukan 17 ABK dalam keadaan selamat. Selanjutnya, ke-17 ABK tersebut diserahkan kepada Pos TNI AL Pulau Pini,” kata Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto dalam keterangan persnya, Rabu (6/3).

Dia melanjutkan, pada pukul 18.30 WIB, Danposmat Pulau Tello menerima telepon dari Camat Pulau Batu Timur Bapak Yakin Antonius Sarumaha yang menyampaikan bahwa ABK KM Formosa 12 yang berjumlah 19 orang telah ditemukan sebanyak 17 orang dengan kondisi selamat di Desa Labuhan Rima Pulau Pini. Pada Rabu tanggal 6 maret 2019 pukul 11.30 WIB kembali ditemukan 2 ABK KM Formosa 12, yakni saudara Safruddin Hutagalung dan Henri P Hutagalung di perairan Pulau Masin, Kabupaten Nias Selatan. Mereka ditemukan oleh nelayan lokal Pulau Masin. Selanjutnya dibawa menuju Labuhan Rima.

Kemudian katanya, sekira pukul 14.20 WIB, Tim SAR yang terdiri dari Danposmat Pulau Tello, Kapolsek Pulau Tello, Personel Koramil, Personel Posairud pulau Tello mengawal KM Flores 06, yang membawa 19 ABK tersebut ke Pelabuhan Umum Pulau Tello. “Sekira pukul 15.00 WIB KM Flores 06 tiba di Pulau Tello dengan selamat,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, menurut pihak pengurus kapal kepada Danlanal, pemilik Kapal Hendri Liono alias Songsong telah memberangkatkan 1 kapal untuk menjemput para ABK tersebut untuk dibawa kembali ke Sibolga. “Pemilik kapal telah memberangkatkan satu kapal dari Sibolga menuju kepulauan Nias untuk menjemput seluruh ABK KM Formasa 12,” pungkasnya.

Perwira 2 melati ini mengatakan bahwa bangkai kapal naas tersebut tidak ditemukan. “Dinyatakan tenggelam dan tidak ditemukan,” tandasnya. (ts)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close